Wakil Presiden minta Pindad remajakan tank TNI

 

 | 2.960 Views
Pewarta: Fransiska Ninditya
Bandung (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta PT Pindad (Persero) untuk meremajakan peralatan tempur TNI.

"Jadi kami tadi diperintahkan oleh Wapres untuk melakukan retrofit terhadap tank-tank yang saat ini dimiliki oleh TNI. Kalau untuk medium tank, kami sudah jalan," kata Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim saat Wakil Presiden mengunjungi perusahaan di Bandung, Rabu.

Dia menjelaskan sejak 2015 PT Pindad bekerja sama dengan negara sahabat untuk membangun kembali tank-tank medium militer.

"Mengenai medium tank, programnya dengan Turki sudah dimulai sejak 2015 dan prototype-nya akan jadi 2017. Itu menggunakan meriam kaliber 105 mm, jadi kita sesuaikan fungsinya dengan tank modern," jelasnya.

Wakil Presiden bersama Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Menteri Perindustrian Saleh Husin mengunjungi pabrik pembuatan alat utama sistem persenjataan PT Pindad dan pabrik pembuatan pesawat PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Dalam kunjungan tersebut, Wapres menyetujui kontrak pembelian sejumlah senjata untuk melengkapi sistem persenjataan.

"Saya bersama Menteri Pertahanan dan Menteri Perindustrian hadir di sini untuk mengevaluasi kembali industri pertahanan kita. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan pertahanan dalam negeri supaya industri persenjataan meningkat kemandiriannya," kata Wakil Presiden.


Pesan Panser
Wakil Presiden mengatakan pemerintah memesan 50 unit panser Badak buatan PT Pindad untuk melengkapi alat utama sistem persenjataan.

"Disamping melihat kemajuan (panser) Anoa, kita juga melihat perkembangan dan percobaan (panser) Badak. Dengan persetujuan Menteri Pertahanan, kami pesan 50 unit kalau sudah lulus uji," katanya.

Pemerintah dan PT Pindad masih merundingkan harga panser tersebut.

"Harganya sedang negosiasi dulu, sementara jumlahnya sudah disetujui 50 unit untuk tahap pertama. Berikutnya adalah meng-upgrade semua senjata yang masih bagus," katanya.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/541096/wakil-presiden-minta-pindad-remajakan-tank-tni

Kategori Artikel