Kunjungi PT Pindad, Wapres Pesan 50 Panser Badak

Rabu, 20 Januari 2016 | 16:49

Bandung - Melihat langsung perakitan tank oleh PT Pindad, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menandatangani kontrak pembelian 50 panser jenis Badak.

"Dengan persetujuan Menteri Pertahanan, kita pesan 50 (Panser Badak) kalau sudah lulus uji," kata JK mengakhiri kunjungannya di PT Pindad, Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/1).

Namun, JK belum mengungkapkan harga atau jumlah uang yang harus dikeluarkan pemerintah untuk membayar 50 panser tersebut.

"Jumlahnya disetujui, harganya sedang negosiasi. (Pesan) 50 dulu tahap pertama," ungkap JK.

Untuk diketahui, nama 'Badak' diberikan oleh JK saat perhelatan Indo Defence 2014 lalu.

Panser yang dilengkapi Cannon (meriam) 90 mm ini sendiri merupakan kendaraan tempur yang dirancang sebagai program lanjutan pengembangan Panser Anoa.

Badak ini diklaim menggunakan mesin diesel 6 silinder berkekuatan 340 tenaga kuda,monocoque body yang bisa menahan tembakan amunisi hingga 12,7 mm, dan penggunaan teknologi double wishbone independent suspension untuk menjaga kestabilan kendaraan saat menembakkan meriam 90 mm-nya.

Pada tahun 2007, JK sebagai Wapres membuat keputusan yang dianggap sebagai kebangkitan PT Pindad, yaitu ketika pemerintah memesan 150 panser Anoa ke PT Pindad dengan nilai kontrak Rp 1,1 triliun.

Suara Pembaruan

Novi Setuningsih/Adi Marsiela/FMB

Sumber : http://www.beritasatu.com/ekonomi/343071-kunjungi-pt-pindad-wapres-pesan-50-panser-badak.html

Kategori Artikel