Sunday, 20 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Achievements

Activity

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Peresmian Komplek Industri Pupuk PT Pertani

14 August 2009

Ketahanan Pangan Nasional merupakan prioritas yang harus didukung semua pihak, termasuk PT Pertani (Persero) sebagai BUMN yang bergerak disektor Agribisnis.
Pengaruh pemakaian pupuk khususnya pupuk tunggal anorganik telah mencapai 80% areal tanam, namun belum mampu meningkatkan produktivitas yang optimal karena sebagian besar belum dilakukan secara berimbang antara unsur N, P dan K. Penggunaan pupuk anorganik (kimia) yang telah berlangsung secara intensif puluhan tahun, telah menyebabkan kerusakan struktur tanah. Disisi lain tuntunan trend hidup sehat dari masyarakat menuntut penyediaan pangan yang alami, natural.
Untuk itu diperlukan sosialisasi penggunaan pupuk organik dan pemakaian pupuk anorganik dan pemakaian pupuk anorganik berimbang.

Sejalan dengan program ” GO ORGANIK 2010″ yang dicanangkan oleh Departemen Pertanian, pada tanggal 25 Juli 2009, Menteri Pertanian Anton Apriantono meresmikan Komplek Industri Pupuk PT Pertani (Persero) di Pamanukan, peresmian tersebut adalah paralel dari 7 (tujuh) lokasi pabrik pupuk yaitu :

- Unit Produksi Pupuk PT Pertani (Persero) Pamanukan, Subang
- Unit Produksi Pupuk PT Pertani (Persero) Tlagasari, Karawang
- Unit Produksi Pupuk PT Pertani (Persero) Salaman, Magelang
- Unit Produksi Pupuk PT Pertani (Persero) Sembung, Magelang
- Unit Produksi Pupuk PT Pertani (Persero) Kepanjen, Jombang
- Unit Produksi Pupuk PT Pertani (Persero) Tanggul, Jember
- Unit Produksi Pupuk PT Pertani (Persero) Warunggunung, Lebak

Komplek Industri Pupuk PT Pertani (Persero) ini merupakan komplek industri terpadu dimana pada lokasi tersebut terdapat pabrik pupuk organik granule, pupuk organik/hayati cair dan pabrik pupuk NPK, total kapasitas produksi dari ke 7 (tujuh) pabrik pupuk tersebut dapat memproduksi :
- Pupuk Organik Cair (POC)                    : 4.750.000 liter/tahun
- Pupuk Organik Granule (POG)              : 1.105.500 ton/tahun
- Pupuk NPK                                           :    480.000 ton/tahun
- Dekomposer                                          : 7.000.000 ton/tahun

Pabrik tersebut juga dilengkapi laboratorium pengembangan bio-fertilizer (pupuk hayati) yang ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan.
Didukung oleh Litbang Departemen Pertanian secara intensif mengembangkan industri pupuk organik yang berbasiskan teknologi mikrobiologi.
Produk pupuk organik PT Pertani (Persero) diproduksi dalam bentuk cair dan granul, baik pupuk organik maupun NPK berimbang dilabeli dengan merk dagang ” BINTANG KUDA LAUT” yang telah tersebar dan digunakan petani diseluruh Indonesia, dimana PT Pertani (Persero) memiliki jaringan distribusi hingga tingkat Kabupaten diseluruh Indonesia.

PT Pertani (Persero) juga sedang mengembangkan produk stimulan pupuk, yang akan mengurangi dosis penggunaan pupuk anorganik, dengan hasil produktivitas yang sama dengan dosis semula. Diharapkan ini lebih menghemat stok persediaan pupuk anorganik secara nasional, sehingga distribusi lebih merata

Source :Jrt Pertani



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>