Thursday, 17 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Achievements

Activity

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Kenaikan Harga Kedelai Beratkan Produsen Tahu

26 February 2013

Foto:bd/ant

(Berita Daerah – Sumatera) Kenaikan harga kedelai sepekan terakhir hingga menyentuh Rp8.000 per kilogram mulai memberatkan produsen tahun di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Sejumlah pemilik usaha pembuatan tahu di Palembang, Senin, mengeluhkan terjadinya kembali lonjakan harga kedelai seperti pada Agustus 2012, dan mengharapkan kepada pemerintah daerah setempat atau instansi terkait segera mengambil langkah pengendalian harga bahan baku utama pembuatan tahu itu.

Salah seorang produsen tahu di kawasan Jalan Padang Selasa, Bukit Besar Palembang, Merry, mengatakan, pada posisi harga kedelai tembus hingga Rp8.000 per kg sekarang ini secara bisnis tidak memberikan keuntungan.

Kegiatan memproduksi tahu masih dilakukan di tempatnya sekarang ini hanya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan penghasilan kepada pekerja harian yang telah bertahun-tahun bersamanya membangun usaha tersebut.

“Kasihan pelanggan dan pekerja jika kegiatan produksi dihentikan sementara karena harga kedelai melonjak, namun jika tetap dipertahankan juga sulit bisa mengakibatkan gulung tikar” ujarnya.

Menurutnya, diharapkan harga kedelai yang telah mencapai harga tertinggi itu bisa segera dikendalikan sehingga tidak terus bergerak naik dan mengakibatkan pemilik usaha makanan ini harus mengambil langkah menghentikan kegiatan produksi.

Jika harga kedelai terus bergerak naik, kemungkinan kegiatan produksi tahu akan dihentikan sementara karena jika sudah mencapai Rp8.000 ke atas akan menyebabkan kerugian, katanya prihatin.

Sementara produsen tahu lainnya Lily mengatakan, untuk menyiasati harga kedelai yang tinggi sekarang ini dilakukan pengaturan harga jual dengan membuat tiga pilihan ukuran dan harga agar usahanya tetap bisa bertahan.

Bentuk tahu yang dijual di pasar dibuat tiga ukuran dengan harga jual mulai Rp400, Rp500 hingga Rp600 per potong, katanya.

(ea/EA/bd-ant)



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>