Wednesday, 23 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Achievements

CEO, CFO dan Investor Relations Pertamina Terbaik di Asia

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

SPI Bulog ‘Benchmark’ ke Internal Audit Pertamina

2 August 2011

JAKARTA – Setelah sebelumnya pada 22 Juni 2011 Internal Audit PT Timah Tbk.  melakukan benchmark ke Internal Audit Pertamina, pada 13 Juli 2011 SPI Perum Bulog  yang dipimpin Kepala SPI Eddy Rizal juga melakukan studi banding ke Internal Audit Pertamina.

Seperti halnya Internal Audit PT Timah Tbk, Internal Audit Perum Bulog mengadakan studi banding karena sangat tertarik dengan presentasi yang disampaikan oleh Internal Audit Pertamina tentang Implementasi Risk Based Audit (RBA) dan Audit Management System (AMS) di Internal Audit (IA) Pertamina di acara sharing session FKSPI Komisariat ESDM beberapa bulan sebelumnya.

Dalam sambutannya CAE PT Pertamina (Pesero) Luhur Budi Djatmiko merasa senang atas kunjungan SPI Perum Bulog untuk melakukan studi banding. “Kami sangat terbuka apabila dari SPI Perum Bulog ingin mengetahui lebih jauh terkait implementasi RBA dan AMS serta kendala-kendala yang dihadapi selama masa transisi ini mengingat hal ini merupakan hal yang baru bagi IA Pertamina,” ujarnya.

Luhur Budi Djatmiko mengatakan bahwa implementasi AMS sangat membantu pelaksanaan audit di IA Pertamina. Dengan AMS semua dokumen audit terdokumentasi secara elektronis dan bisa diambil sewaktu-waktu, tentu oleh orang yang memiliki otorisasi. Di samping itu, dokumen tidak lagi melekat pada auditornya, melainkan tersimpan di server serta akan mempermudah dalam proses review hasil audit oleh pihak internal (Fungsi Quality Assunce IA) maupun pihak eksternal yang independen, sehingga IA Pertamina semakin transparan, profesional & independen.

Luhur juga menerangkan bahwa saat ini IA Pertamina sedang membangun ICoFR. Luhur mengatakan bahwa peran internal Audit kini lebih mengarah pada konsultasi untuk mengawal pencapaian tujuan perusahaan sehingga pekerja-pekerja di Internal Audit dituntut memiliki kompetensi lebih untuk mampu menjalankan peran tersebut.

Secara terstruktur presentasi dari IA Pertamina disampaikan oleh Manager Quality Assurance & Knowledge Management Heriyanto Kisworo, yang berisi tentang struktur organisasi, visi dan misi, pedoman/TKO/TKI, serta metodologi RBA.MPSPI



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Your email address will not be published. Required fields are marked *

: *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>