Thursday, 24 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

"Menjadi pengelola hutan lestari untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat"

Achievements

Menhut Serahkan Penghargaan Wana Lestari Tingkat Nasional 2013

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Komitmen Corporate Social Responsibility Perhutani

4 April 2011

Perhutani berkomitmen menjalankan  tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) melalui beberapa skema antara lain:  Sistem Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM), Program Kemitraan & Bina Lingkungan dan kontribusi sosial lainnya.

Melalui PHBM, Perhutani bekerjasama dengan masyarakat desa hutan dan pihak-pihak lainnya melaksanakan kegiatan pengelolaan hutan bersama. Kegiatan telah berlangsung sejak tahun 2001, sebagai keberlanjutan dari program program sosial perusahaan sejak dicanangkannya kebijakan Forest for People tahun 1978 di Indonesia.  Tidak kurang dari  5.403 desa hutan di pulau Jawa dan Madura berada di sekitar kawasan hutan Perhutani.  Sejak tahun 2005 sampai tahun 2010, Perhutani  tercatat  5.054 desa hutan atau sekitar   94%   dari total desa hutan di Pulau Jawa dan Madura bekerjasama melalui program PHBM.
Luas hutan yang dikerjasamakan menjadi hutan pangkuan desa mencapai 2.250.172 Ha melibatkan lebih kurang 5.456.986 KK tergabung dalam 5.237 Lembaga Masyarakat Desa Hutan dan 746 Koperasi Desa Hutan. Program PHBM menurut masyarakat telah memberikan manfaat berupa:

  1. Penyerapan tenaga kerja desa hutan mencapai 5 juta orang pertahun sampai tahun 2010.
  2. Memberi kesempatan berusaha di sektor industri (216 unit usaha); perdagangan (236 unit usaha);  pertanian (1746 unit usaha); peternakan (308 unit usaha); perkebunan (404 unit usaha); perikanan (163 unit usaha); jasa (724 unit usaha).
  3. Bagi hasil dari produksi hutan berupa kayu dan non kayu. Realiasi nilai bagi hasil produksi dari tahun 2005 sampai dengan Agustus 2010 nilai bagi hasil produksi kayu dan non kayu yang diterima LMDH adalah Rp. 160,279 milyar.
  4. Pendapatan dari produksi tanaman pangan seperti padi, jagung, kacang-kacangan kegiatan tumpangsari di lahan hutan mencapai Rp. 4.979.455.721,- atau rata-rata Rp. 1 milyar  per tahun.

Sementara Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) merupakan Program Kementrian BUMN untuk meningkatkan kemampuan para pengusaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus pemberdayaan kondisi sosial masyarakat oleh BUMN melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.

Penyaluran dana PKBL Perhutani diprioritaskan untuk Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang mempunyai usaha produktif dan Koperasi serta kegiatan usahanya minimal 1 (satu) tahun berpotensi untuk dikembangkan.

Sampai dengan tahun 2010, lebih kurang 1.143 mitra binaan dari LMDH mendapatkan dana bantuan PKBL Perhutani sebesar Rp. 11.748.750.000,-



6 Tanggapan to Komitmen Corporate Social Responsibility Perhutani

  1. achmad basuki says:

    bisakah CSR perhutani dikembangkan di jawa timur ? dengan pola PKBM mohon informasinya?

    • humaspht says:

      Terima kasih atas komen-nya. Program CSR Perhutani dilaksanakan di seluruh wilayah Perum Perhutani, baik di Jawa Barat & Banten, Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Polanya ada yang dengan skema PHBM (Pengelolaan SDH Bersama Masyarakat) yang ditujukan untuk masyarakat desa hutan, ada yang melalui program PKBL (tidak selalu –meski diutamakan — masyarakat desa hutan). Mudah-mudahan membantu. Salam.

  2. Muhammad Muztaba says:

    Mohon informasi untuk dapat bermitra dengan PKBL Perhutani, saya UKM di Bandung, terimakasih

    • humaspht says:

      Untuk PKBL, kebijakan Perhutani memprioritaskan untuk masyarakat desa sekitar hutan. tetapi tidak menutup kemungkinan jika bapak mempunyai produk yang bagus dan hasil penilaian menunjukkan layak untuk diberi pinjaman bapak bisa menjadi mitra Perhutani juga. Untuk Bandung Selatan bapak bisa mengajukan ke Perhutani KPH Bandung Selatan dan apabila bapak tinggal di bandung utara bapak bisa mengajukan ke Perhutani KPH Bandung Utara.

      Terima kasih

  3. agus setiawan says:

    menurut kami,CSR untuk pelatihan masy. sekitar hutan,untuk bidang yg tdk uk mebel aja. klau bisa uk.menjahit.dll..agar masy. tdk mencuri kayu..

  4. mulyono bin najamuddin says:

    untuk pelaksanaan pkbl perhutani..ini teman2 di daerah kepulauan kangean sumenep madura lagi melakukan pendampingan kegiatan / program pertanian..di kangen banyak lahan tidur yang belum dimanfa’atkan..dan lahan itu kebanyakan milik perhutani..yang kami tanyakan..gimana sih cara/prosedur dan apa saja syaratnya mengajukan permohonan ijin menggunakan lahan perhutani dg cara kerjasama atau yng lainnya untuk pertanian. mohon balasannya. terima kasih.

Kirim Komentar

Baca Komentar ( 6 )

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fatal error: Call to undefined function stc_get_connect_button() in /Data/publik/www/wp-content/plugins/simple-twitter-connect/stc-comments.php on line 231