Perhutani Bersama Pemkab Hijaukan Pantai Pasir Putih Gondo Mayit di Blitar

BLITAR, PERHUTANI (02/09/2019) | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar bersama Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar dan kelompok masyarakat penggiat lingkungan menghijaukan kawasan pesisir pantai pasir putih dengan menanam bibit tanaman cemara udang, Minggu (1/9).

Pantai Pasir Putih yang dikenal oleh masyarakat Blitar dengan nama Pantai Gondo Mayit adalah kawasan hutan setempat (KPS) wilayah kawasan hutan Perhutani KPH Blitar yang secara administratif terletak di desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Turut hadir dalam kegiatan terseburt dari Dinas Pariwisata Budaya Olah Raga, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Wonotirto, kepala desa Sumberboto dan penggiat lingkungan hidup dari Jawa Dwipa, Sahabat Alam serta masyarakat di desa Tambakrejo.

Bupati Blitar Rijanto dalam sambutannya menyampaikan jika Pemkab Blitar sangat mendukung  program penghijauan dipesisir pantai dan mendukung gerakan pelestarian kawasan pantai untuk hijau kembali.

“Gerakan yang diprakarsai oleh penggiat lingkungan Jawa Dwipa ini patut diapresiasi oleh semua pihak, karena mempunyai tujuan mulia untuk melestarikan dan menghijaukan kembali pesisir pantai agar kembali hijau dengan tanaman yang nantinya dapat dinikmati oleh anak cucu kita semua,” kata Rijanto.

Dalam kegiatan penghijauan tersebut Bupati Blitar Rijanto secara simbolis menanam tanaman cemara udang sebagai tanda dimulainya gerakan menanam dipesisir pantai pasir putih Gondo Mayit. Lebih dari 250 bibit tanaman cemara udang ditanam dalam kegiatan pelestarian di pesisir pantai.

Sementara itu Administratur Perhutani KPH Blitar Aries Indra Supartha mengatakan bahwa pihaknya juga sangat mendukung sekali gerakan pelestarian dan penghijauan kawasan hutan  pesisir pantai diwilayahnya,  “Semoga kegiatan seperti ini dapat berjalan terus dan bersinergi bersama Dinas terkait,” Ujarnya. (Kom-PHT/Btr/RY)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019


Kategori Berita