PERHUTANI DUKUNG KETAHANAN PANGAN NASIONAL DI KABUPATEN BREBES

BALAPULANG, PERHUTANI (21/05/2020)  | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes  berkoordinasi membahas program ketahanan pangan tahun 2020, bertempat di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Selasa(19/05)

Administratur KPH Balapulang melalui wakilnya Sugeng Bowo Leksono mengutarakan bahwa pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas rencana kegiatan ketahanan pangan di lahan Perhutani yang berada di wilayah Kabupaten Brebes yang pelaksanaannya menggunakan sistem tumpangsari di bawah tegakan hutan  sehingga tidak menggangu tanaman pokok kehutanan.

Sugeng menambahkan untuk program ketahanan pangan nasional tahun 2020 Perhutani KPH Balapulang wilayah Kabupaten Brebes telah mendata lahan siap tanam seluas 1.083,78 hektar yang terbagi dalam 26 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)/Kelompok Tani Hutan (KTH) dengan jumlah anggota sebanyak 4.431 orang untuk kebutuhan lahan kering dengan komoditi jagung dan seluas 52,00 hektar yang terbagi dalam 3 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)/Kelompok Tani Hutan (KTH) dengan jumlah anggota sebanyak 208 orang  dengan komoditi padi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes  melaui Kepala Seksi Produksi Bambang Priambodo menyampaikan apresiasinya pada Perhutani  yang telah aktif dalam menyambut program pemerintah untuk mengatasi cadangan pangan dan memastikan akses pangan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“ Perhutani telah menyiapkan lahan dan memberikan data yang komplit untuk mendukung program ini ,  selanjutnya akan kami sampaikan ke Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dan pada pelaksanaan nanti kita juga akan memberikan bimbingan teknis di lapangan dengan menugaskan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Kami berharap semua pihak mendukung kebijakan program ketahanan pangan ini sehingga berjalan sesuai dengan rencana pemerintah, ” terang Bambang. (Kom-PHT/Blp/Was).

Editor : Ywn

Copyright©2020


Kategori Berita