Kualitas Hutan Puncak Bintang Milik Perhutani Layak Untuk Forest Healing

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (23/08/2019) | Memiliki hutan dengan ekosistem yang baik,  Perhutani  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH)  Bandung Utara bakal membuka fasilitas terapi hutan atau healing forest di kawasan wisata Puncak Bintang beberapa waktu kedepan. Hal ini diungkapkan Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin, Selasa (20/8).

Komarudin mengatakan berdasarkan penelitian bersama tim peneliti dari Institute Teknologi Bandung (ITB) ditemukan bahwa ternyata suasana hutan Puncak Bintang yang alami memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, kedepan di kawasan Wisata Puncak Bintang akan disiapkan fasilitas sederhana yang ditempatkan khusus dimana pengunjung bisa menikmati manfaat tersebut secara ekslusif.

“Harapannya awal tahun depan sudah bisa dimulai fasilitas terapi hutan tersebut. Bertepatan dengan libur tahun baru,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Peneliti Program Penelitian Pengabdian Masyarakat Inovasi ITB Hikmat Ramdan menjelaskan salah satu manfaat penting dari hutan yang sering luput dari perhatian masyarakat adalah fungsi terapi bagi kesehatan tubuh. Misalnya bisa menurunkan kadar stress, gula darah, tensi darah dan lain sebagainya. Hal ini telah dibuktikan dengan alat ukur smart pulse.

“Salah satu syarat penting yang wajib dimiliki agar fungsi terapi hutannya berjalan baik adalah ekosistem hutannya harus baik. Oleh sebab itu, sudah menjadi tanggung jawab bersama agar kondisi hutan tetap terjaga,” terangnya.

Ia menyatakan diantara beberapa titik lokasi hutan yang diamati di Bandung Utara, pihaknya menilai kawasan Puncak Bintang yang paling pas untuk healing forest. Sebab, punya kerapatan pohon yang baik dan jauh dari kebisingan. (Kom-PHT/Bdu/Ren)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019


Kategori Berita