Kamis, 24 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Prestasi

PELINDO III SPONSORI TIM SKI AIR INDONESIA JADI JUARA UMUM DI SEA GAMES XXVI

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Bagaimana pendapat anda mengenai situs Pelabuhan Indonesia III ?

View Results

Loading ... Loading ...

PRESS RELEASE:Pantau Kinerja Pelabuhan, Pelindo III Gandeng PT Surveyor Indonesia

18 September 2012

Surabaya-PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggandeng PT Surveyor Indonesia (Persero) untuk memantau kinerja pelabuhan.  Hal itu dilakukan mengingat kinerja pelabuhan merupakan salah satu bagian yang harus dilaporkan kepada Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Percepatan Pembangunan (UKP4).

“Kami diminta oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) untuk melaporkan kinerja pelabuhan setiap bulan, apakah sudah sesuai dengan kinerja yang ditetapkan dalam surat keputusan Nomor:UM.002/38/18/DJPL-11 tentang Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan,” kata Direktur Utama PT Pelindo III (Persero) Djarwo Surjanto, pasca penandatanganan MoU antara PT Pelindo III (Persero) dan PT Surveyor Indonesia (Persero), Rabu (12/9).

Kinerja pelabuhan yang harus dilaporkan kepada UKP4 meliputi kinerja yang berhubungan dengan pelayanan kepelabuhanan kepada pengguna jasa.  Beberapa kinerja yang dipantau meliputi kinerja operasional kapal, kinerja bongkar muat barang, kinerja bongkar muat petikemas, dan utilisasi fasilitas.

Terhadap penilaian standar kinerja pelabuhan, Dirjen Hubla telah menentukan beberapa indikator agar lebih mudah dalam melakukan penilaian.  Indikator itu meliputi Waiting Time, Approach Time, Effective Time dibandingkan dengan Berth Time, Produktivitas Kerja, Receiving/Delivery Petikemas, Berth Occupancy Ratio, Shed Occupancy Ratio, Yard Occupancy Ratio, dan juga Kesiapan operasi Peralatan.

“Ada indikator penilaiannya, misalnya di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak untuk operasional kapal waiting time nya (waktu tunggu kapal) maksimal 2 jam, atau bongkar muat petikemas di Terminal Petikemas Surabaya (TPS) harus 25 boks/crane/jam dan lain sebagainya,” tambahnya.

Djarwo menerangkan, dipilihnya PT Surveyor Indonesia untuk melakukan survey dan verifikasi pencapaian kinerja di pelabuhan, salah satunya karena perusahaan tersebut telah memiliki sertifikat terkait dengan penilaian kinerja operasional pelabuhan.  Selain itu, juga sebagai bentuk sinergi antar BUMN di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Fahmi Sadiq menyatakan akan melakukan penilaian kinerja operasional pelabuhan secara independen dan profesional.  Fahmi menjamin apa yang dikerjakan oleh PT Surveyor Indonesia sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan.

“Karena hasil penilaian kami akan dilaporkan kepada pemerintah, maka kami akan melakukannya dengan sebaik mungkin, sehingga hasil yang dilaporkan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik,” kata Fahmi Sadiq.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :

Edi Priyanto

Humas PT Pelindo III (Persero)

Jl. Perak Timur 610 Surabaya

Telephone      :     031 3298631-37 psw 3443

Fax                :     031 3282732

Hand phone    :     0811 280 566

Email             :     humas@pp3.co.id, edipri.pp3@gmail.com



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>