Rabu, 23 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Prestasi

PELINDO III SPONSORI TIM SKI AIR INDONESIA JADI JUARA UMUM DI SEA GAMES XXVI

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Bagaimana pendapat anda mengenai situs Pelabuhan Indonesia III ?

View Results

Loading ... Loading ...

Sambut Pemudik, Tanjung Perak Mulai Berbenah

1 Agustus 2012

SURABAYA, KOMPAS.com – Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, mulai berbenah menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran. Kapasitas terminal penumpang dan kapasitas kapal yang dapat bersandar di dermaga ditambah sehingga siap untuk menampung lebih dari 3.000 orang.

”Kami juga akan pasang tenda di depan terminal,” kata Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III Edi Priyanto, Senin (30/7) di Surabaya.

Terminal penumpang terdiri dari Terminal Penumpang Gapura Surya dan Terminal Penumpang Gapura Nusantara yang keduanya dapat menampung 2.500 orang. Adapun khusus terminal penumpang kapal ro-ro dapat menampung 700 orang.

Menurut Edi, Pelabuhan Tanjung Perak biasanya ramai saat arus balik Lebaran. Banyak warga Jatim yang akan kembali bekerja di Kalimantan sebagai pekerja kebun sawit dan tambang.

Para penumpang kapal cenderung menunggu lebih lama di pelabuhan karena jadwal kapal dapat berubah.

Untuk angkutan Lebaran tahun ini, kata Edi, setidaknya ada 21 kapal yang siap beroperasi. Sebagian besar kapal bertujuan ke Kalimantan dan Sulawesi.

Tali tambatan di dermaga pun ditambah supaya lebih banyak kapal yang dapat bersandar. Untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, sebanyak 6 kapal penumpang dapat bersandar secara bersamaan dalam satu hari. Pada hari biasa hanya tiga kapal yang dapat bersandar per hari.

Sementara itu, Firstson Mansyur dari Humas PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Surabaya, mengatakan, pihaknya masih akan membahas persiapan angkutan Lebaran Rabu pekan ini.

Menurut Firstson, pada hari biasa Bandara Juanda dikunjungi rata-rata 40.000 orang per hari. Pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, jumlah penumpang diperkirakan mencapai 50.000 orang per hari.

Sehubungan banyaknya ruas jalan di jalur pantai utara, jalur tengah, dan jalur selatan di Provinsi Jawa Tengah, pemudik terutama yang menggunakan sepeda motor diimbau melintas pada siang hari. Imbauan itu disampaikan Sekretaris Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Jawa Tengah, Ananta Aji, Senin.

Melintas siang

Supaya lebih aman melintasi Jateng yang merupakan titik cair pemudik dari Jakarta, pemudik sebaiknya melintas pada siang hari.

Ananta Aji mengatakan, ada dua alasan pemudik sebaiknya tiba siang hari. Pertama, banyak ruas jalan yang belum semuanya rampung perbaikan peningkatan jalannya. Kedua, banyak ruas jalan di Jawa Tengah masih kekurangan lampu penerang.

Dishubkominfo Jateng belum sanggup melengkapi semua jalan dengan lampu penerang. Untuk penerangan jalan dengan menggunakan sel tenaga matahari saja diperlukan dana Rp 90 juta per unit.

Perbaikan Jalan Trans-Kalimantan poros tengah di dua tempat, di wilayah Kalimantan Selatan, dipastikan belum rampung pada masa mudik Lebaran nanti. Perbaikan jalan yang masih dalam proses ada di Jalan Ahmad Yani Kilometer 60-80 Tungkap- Binuang dan Jembatan Barito-Kapuas (Kalimantan Tengah). Hal ini dikatakan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan M Arsyadi, Senin. (DEN/WHO/WER/WIE/EGI/RAZ)

sumber:http://ramadhan.kompas.com/read/xml/2012/07/31/07452147/Sambut.Pemudik.Tanjung.Perak.Mulai.Berbenah



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>