Peringati Hari Pelanggan Nasional Bertajuk “Customer Engagement”

SEMARANG (12/9) – Puncak peringatan hari pelanggan nasional di lingkungan Pelindo III Tanjung Emas Semarang diperingati dengan menggelar acara yang bertajuk “Customer Engagement” di VIP Room Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Selasa (12/9). Dalam kegiatan memperingati Hari Pelanggan Nasional tersebut, Pelindo III Tanjung Emas berkomitmen untuk terus berbenah dan berinovasi dalam meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Tanjung Emas sekaligus menampung saran dan keluhan pelanggan. Mengingat pelanggan merupakan bagian penting bagi Pelindo III serta sebagai salah satu wujud implementasi budaya perusahaan yaitu costumer focus.

Customer Engagement merupakan suatu bentuk kegiatan yang dikemas sebagai wujud apresiasi yang diberikan manajemen kepada para customernya. Dalam kegiatan tersebut, manajemen Pelindo III Tanjung Emas mengundang 50 perusahaan dari berbagai bidang usaha yang rutin menggunakan jasa Pelabuhan Tanjung Emas. Rangkaian acara berlangsung komunikatif melalui kegiatan sharing session sebagai ajang silaturahmi, diskusi serta penyampaian saran agar semua instansi terkait mendapatkan solusi dari kendala yang sering dijumpai di lapangan. Narasumber yang dihadirkan dalam kesempatan tersebut merupakan pejabat terkait di Pelabuhan Tanjung Emas yang menangani beberapa bidang yaitu General Manager, Manager Divisi Komersial, Manager Keuangan, Manager Operasi, dan Manager SMK3. “Kegiatan ini membantu kita untuk untuk berkoordinasi dan menjalin silaturahmi sehingga dapat saling bersinergi satu sama lain,” kata General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas, Agus Hermawan saat memberikan sambutan.

Diskusi berjalan sangat seru dan interaksi antar customer berjalan sangat baik. Antusiasme terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan para pengguna jasa kepada narasumber terkait perbaikan fasilitas dan peningkatan layanan yang diberikan manajemen Pelabuhan Tanjung Emas. Menurut Idham dari Sriboga menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan efek positif kepada pengguna jasa dalam menyampaikan saran dan keluhan yang dirasakan. “Semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin, selain untuk menjaga hubungan baik, Pelindo III dapat segera menindaklanjuti keluhan yang dirasakan oleh pengguna jasa,” ungkapnya di akhir acara.

Selain itu bentuk apresiasi juga diberikan manajemen Pelabuhan Tanjung Emas kepada para customernya dengan memberikan penghargaan yang terdiri dari tiga kategori yaitu pembayaran terlancar, produksi terbanyak, dan kontribusi terbesar. Pemenang penghargaan dari kategori pembayaran terlancar adalah PT. Berkah Emas Sumber Terang, PT. Kharisma Jaya Gemilang, PT. Cipta Wijaya Mandiri. Untuk customer dengan produksi terbanyak adalah Sriboga, Dwimatama dan PT. Berkah Emas Sumber Terang sedangkan customer dengan kontribusi terbesar adalah PT. Berkah Emas Sumber Terang, PT. Kharisma Jaya Gemilang, dan Sari Agro P.

“Kegiatan ini nantinya akan menjadi agenda tahunan Pelindo III Tanjung Emas, karena Pelindo III senantiasa berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasanya,” imbuh Agus. (Manyar)


Kategori Berita