Dukung Cashless dengan Sosialisasikan E-Port

GRESIK(13/09) – Pemerintah mulai melaksanakan program gerakan non tunai untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga memberikan kemudahaan dan keamanan dalam bertransaksi. Pelindo III turut mendukung adanya program tersebut dengan melakukan transaksi non tunai ketika masuk Pelabuhan Gresik. Pada Rabu (13/09) dilaksanakan sosialisasi penggunaan e-port kepada pengguna jasa, KSOP, Bea Cukai dan pihak-pihak yang terkait yang berada di dalam pelabuhan.

“Gerakan non tunai tentunya memberikan kepraktisan dan kecepatan ketika bertransaksi, juga menekan beredarnya jumlah uang palsu, maka dari itu Pelindo III mendukung program pemerintah dengan penggunaan e-port ini. Pelabuhan Gresik merupakan cabang yang keempat dalam penggunaan e-port setelah Perak, Semarang dan Benoa,” ucap Onny Djayus General Manager Pelabuhan Gresik ketika menjelaskan penggunaan  e-Port.

Penggunaan e-port diberlakukan bagi semua bahkan bagi pegawai Pelindo III, instansi pemerintah, tenaga kerja bongkar muat (TKBM), anak buah kapal (ABK) berupa kartu indentitas.

“Bagaimana dengan kami, pengguna jasa yang mana kantor kami berada di dalam pelabuhan. Dan kami keluar masuk pelabuhan dalam sehari lebih dari 10 kali?” tanya perwakilan dari PT Mahkota yang bergerak di bidang pelayaran.

“Bagi pengguna jasa akan terdapat pas langganan yang nantinya akan didata sehingga apabila ketika pengguna jasa akan masuk ada verifikasi e-port  di gate pelabuhan tanpa mengurangi pulsa didalamnya. Pas langganan bisa tahunan, bulanan dan harian. Selain itu e-port juga bisa digunakan di tol dan berbagai tempat lainnya yang terdapat alatnya dan bisa diisi di ATM dan Eechannel Bank,“ jawab Onny.

“Tidak hanya praktis dan cepat tetapi juga efisiensi biaya antara biaya produksi instrument non-tunai dengan biaya pencetakan, peredaran serta pengelolaan uang tunai. Transaksi dengan non-tunai juga lebih aman karena kita tidak membawa uang secara fisik dalam jumlah besar,” tambah Onny dalam penutupan sosialiasi e-port di Pelabuhan Gresik. (manyar)


Kategori Berita