Wednesday, 23 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Achievements

IPC on Social Media

Activity

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Polls

Menurut anda materi apa yang perlu ditambah pada website ini

  • kegiatan operasional pelabuhan (36%, 51 Votes)
  • studi tentang kepelabuhanan (17%, 25 Votes)
  • performansi unit usaha (13%, 18 Votes)
  • berita kepelabuhan internasional (12%, 17 Votes)
  • pelabuhan dari waktu ke waktu (9%, 13 Votes)
  • halaman hubungan investor (8%, 12 Votes)
  • ekonomi indonesia (5%, 7 Votes)

Total Voters: 143

Loading ... Loading ...

(Indonesia) TG. PRIOK SESUAIKAN TARIF PELAYANAN JASA DERMAGA DAN PENUMPUKAN BARANG MULAI 1 MEI 2011

1 July 2011

Jakarta,  30 April 2011

Manajemen PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjung Priok mulai 1 Mei 2011 memberlakukan penyesuaian tarif dasar pelayanan jasa dermaga dan penumpukan di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

          Untuk penyesuaian tarif pelayanan jasa dermaga untuk peti kemas di dermaga Multipurpose di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok mengalami kenaikan berkisar 15% s/d  37%  dari tarif yang berlaku sebelumnya. Penyesuaian tersebut dituangkan dalam  Surat Keputusan Direksi PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Nomor: HK.56/1/14/PI.II-11 tanggal  1 April 2011 tentang Tarif Pelayanan Jasa Barang di Lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

          Untuk tarif dasar pelayanan jasa dermaga untuk peti kemas kosong 20” di terminal multipurpose yang sebelumnya Rp 15.650,- menjadi            Rp. 18.000,- per box atau  naik sebesar 15 % dan peti kemas isi 20” dari     Rp. 31.200,- menjadi Rp. 42.000,- per box naik 34,6%. Sedangkan untuk peti kemas kosong 40” dari Rp. 23.000,- menjadi Rp. 27.000,- per box atau naik 15% dan peti kemas isi 40” dari Rp. 46.000,- menjadi Rp. 63.000,- per box naik 37%.

          Dasar penyesuaian tarif ini, pertama, untuk meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan dan jaminan penyediaan fasilitas pelayanan untuk kegiatan pelayanan jasa barang di Pelabuhan Tanjung Priok.

          Kedua, sesuai dengan kebijakan pemerintah yang memberlakukan “Individual Port Tariff, maka masing-masing pelabuhan dilakukan penetapan tarif dengan mempertimbangkan tingkat pencapaian “Level of Services

          Ketiga, ketentuan tarif yang diberlakukan ini, Badan Usaha Pelabuhan diberikan kewenangan untuk menetapkan tarif pelayanan jasa barang untuk pelabuhan yang diselenggarakannya setelah dikonsultasikan dengan Menteri Perhubungan R.I. yang dituangkan dalam surat Menteri Perhubungan Nomor. PR. 302/1/14 PHB 2011 tanggal 17 Maret 2011 perihal Tindak Lanjut Persetujuan Penyesuaian Tarif Jasa Barang.

          Penyesuaian tarif ini, sebelum dikonsultasikan kepada Menteri Perhubungan harus terlebih dahulu harus disepakati antara penyedia jasa dan pengguna jasa yakni : ALFI (dh. DPW Gafeksi/INFA) DKI Jakarta, BPD GINSI DKI Jakarta dan DPC INSA JAYA telah  menyepakati penyesuaian tarif jasa dermaga dan penumpukan di Pelabuhan Tanjung Priok sebagaimana tertuang dalam Kesepakatan Bersama Nomor UM.3391/18/19/C.Tpk-10 tanggal 15 Oktober 2010 dan Surat Dewan Pengurus Wilayah DKI Jakarta Nomor 007/APBMI-JKT/II/2011 tanggal 16 Februari 2011 perihal penyesuaian tarif pelayanan jasa dermaga dan penumpukan di Cabang Pelabuhan Tanjung Priok.

          Tentunya penyesuaian tarif pelayanan jasa barang ini telah mengacu kepada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 39 Tahun 2004 tentang Mekanisme Penetapan Tarif dan Formulasi Perhitungan Tarif Pelayanan Jasa Kepelabuhanan Pada Pelabuhan Yang Diselenggarakan Oleh Badan Usaha Pelabuhan dan dapat dilaksanakan sesuai dengan hasil kesepakatan dengan para asosiasi pengguna jasa kepelabuhanan dan/atau pengguna jasa kepelabuhanan di lokasi pelabuhan.

          Sebelum penyesuaian tarif diberlakukan, pihak manajemen PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Pelabuhan Tanjung Priok telah memberikan cukup waktu untuk melakukan sosialisasi kepada asosiasi pengguna jasa kepelabuhanan yang dituangkan dalam Surat General Manager Cabang Pelabuhan Tanjung Priok  Nomor KU. 261/6/14/C.TPK-11 tanggal  7 April 2011, perihal Pelaksanaan Penyesuaian Tarif Pelayanan Jasa Barang, dimana sejak tahun 2000 terhadap tarif pelayanan jasa barang ini belum pernah dilakukan penyesuaian tarifnya.

          Diharapkan dengan penyesuain tarif pelayanan jasa barang ini, disamping mampu meningkatkan produktivitas dan kinerja operasional bongkar muat juga meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Tanjung Priok.

          Namun yang lebih terpenting untuk menjamin penyediaan fasilitas pelabuhan guna meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan dan kelancaran arus kapal dan barang, mengingat pelabuhan bukan tempat untuk penimbunan barang tetapi sebagai tempat transit terhadap barang yang akan dibongkar muat di pelabuhan yang pada akhirnya akan mampu menekan dweeling time barang/kargo di  Pelabuhan Tanjung Priok.

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

PT  Pelabuhan Indonesia II

Hambar Wiyadi

Sekretaris Perusahaan Bidang Humas

Tlp 4301080 Ext 1601 dan 1604

Fax 4351225

HP. 08129193946

E-mail: hambar@inaport2.co.id atau hambarwiyadi2002@yahoo.com

FACT SHEET

 

 

TARIF DASAR PELAYANAN JASA DERMAGA DI LINGKUNGAN PELABUHAN TANJKUNGAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TARIF DASAR PELAYANAN JASA PENUMPUKAN DI LINGKUNGAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK

 

 

–selesai–



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>