Rabu, 16 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Prestasi

IPC on Social Media

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Menurut anda materi apa yang perlu ditambah pada website ini

  • kegiatan operasional pelabuhan (36%, 51 Votes)
  • studi tentang kepelabuhanan (17%, 25 Votes)
  • performansi unit usaha (13%, 18 Votes)
  • berita kepelabuhan internasional (12%, 17 Votes)
  • pelabuhan dari waktu ke waktu (9%, 13 Votes)
  • halaman hubungan investor (8%, 12 Votes)
  • ekonomi indonesia (5%, 7 Votes)

Total Voters: 143

Loading ... Loading ...

Pendapatan IPC Naik 42% dibanding Periode Sama Tahun Lalu

4 Juni 2012

SIARAN PERS

Pendapatan IPC Naik 42% dibanding Periode Sama Tahun Lalu

IPC terus menggencarkan investasi di bidang fisik maupun non-fisik untuk perbaikan layanan jasa kepelabuhanan guna meningkatkan efisiensi rantai logistik serta akselerasi roda perekonomian nasional.

Jakarta, 22 Mei 2012 – IPC (PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)) berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp1.269 miliar pada triwulan pertama tahun 2012. Angka ini lebih tinggi 42% dibanding periode yang sama tahun lalu, sebesar Rp894 miliar. Dari pendapatan itu, perusahaan mampu membukukan laba sebesar Rp513 miliar, naik 45,9% dibanding periode yang sama tahun lalu, sebesar Rp351 miliar.

Pendapatan perusahaan diperoleh dari pendapatan jasa kapal, jasa barang, pengusahaan alat, pelayanan terminal, pelayanan terminal peti kemas, pengusahaan TBAL, fasilitas rupa-rupa, dan kerjasama dengan mitra usaha.

Dalam triwulan pertama 2012, IPC menanamkan investasi sebesar Rp357 miliar rupiah. Angka ini sendiri baru menyerap 8,32% anggaran investasi 2012 sebesar Rp4,3 triliun. Beberapa investasi yang dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok adalah penguatan dan pemasangan rel gantry luffing crane dan pekerjaan pembangunan lapangan peti kemas. Di luar Pelabuhan Tanjung Priok, IPC melakukan investasi seperti perbaikan besar-besaran pada Pelabuhan Pontianak, pengerukan pelabuhan Banten dan Bengkulu, serta pembangunan stock pile batu bara di Pelabuhan Jambi.

Perusahaan juga menambah dua puluh tujuh cranes di 5 (lima) pelabuhan untuk mempercepat  proses bongkar muat barang. Investasi tersebut masih ditambah dengan pengadaan 8 (delapan) kapal yang mendukung operasional pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh IPC. Untuk pengembangan sumber daya manusia, IPC terus melaksanakan program pasca sarjana luar negeri atas biaya perusahaan yang teranggarkan hingga Rp576,05 miliar. Perubahan logo pun diikuti oleh penyusunan roadmap dan implementasicorporate restructuring sehingga perbaikan layanan benar-benar terlaksana secara menyeluruh.

“Investasi besar yang kami lakukan, bertujuan untuk memperbaiki seluruh layanan pelabuhan. Jika  layanan pelabuhan baik, kapal-kapal besar mau dan pasti datang  di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola IPC. Itu akan mengurangi biaya logistik di Indonesia, meng-energize perdagangan dan roda ekonomi!” tegas Direktur Utama IPC, RJ Lino.

Dari segi pelayanan peti kemas, Pelabuhan Tanjung Priok melayani 1,4 juta TEUs kontainer atau mencapai 93% dari seluruh kontainer yang dilayani oleh pelabuhan-pelabuhan di bawah pengelolaan IPC. Angka tersebut juga menunjukkan kenaikan layanan Tanjung Priok sebesar 13,6% dibanding tahun lalu.

Pada triwulan pertama 2012, perusahaan juga telah memulai kajian pembentukan 9 (sembilan) anak perusahaan, yang pembentukannya akan dilaksanakan bertahap dalam 5 (lima) prioritas. Selain itu, IPC pun semakin mengintensifkan penggunaan information communication and technology (ICT) untuk mempercepat terkoneksinya sistem kepelabuhan. Setelah sebelumnya diterapkan di 4 (empat) pelabuhan, IPC mulai menerapkan pembangunan aplikasi car terminal dan TPK Teluk Bayur. Aplikasi ini memungkinkan pemilik kapal dan pemilik barang mengetahui jadwal sandar kapal serta bongkar muat barang, sehingga proses logistik di pelabuhan dapat menjadi lebih efisien.

–selesai–

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Rima Novianti

Sekretaris Perusahaan

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)

Telp: +6221 4301080

Email: rima.hardiyanto@yahoo.com

corp_sec@indonesiaport.co.id

www.indonesiaport.co.id



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>