Sabtu, 19 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) : "Menjadi penyedia jasa kepelabuhanan dan logistik terkemuka di tingkat regional"

Prestasi

PT Pelindo I (Persero) Cabang Lhokseumawe Terima Penghargaan Bendera Emas SMK3 Dari Menakertrans

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Menurut Anda, apa yang menjadi prioritas untuk dilakukan oleh Manajemen PT Pelindo I (Persero) Cab. Pelabuhan Sibolga?

  • Penertiban/Penataan di dalam areal lingkungan Pelabuhan (38%, 3 Votes)
  • Peningkatan fasilitas infra dan suprastruktur (38%, 3 Votes)
  • Peningkatan Kinerja SDM (25%, 2 Votes)
  • Peningkatan Pelayanan Jasa Kepelabuhanan (0%, 0 Votes)

Total Voters: 8

Loading ... Loading ...

Pelindo Sibolga Gulirkan Dana PKBL Rp 350 Juta

23 Desember 2011

MedanBisnis – Sibolga. Manager PT Pelabuhan Indonesia I Cabang Sibolga Sihar Sihite, menyerahkan dana kredit lunak dari program kemitraan bina lingkungan (PKBL) dari alokasi Corporate Social Responsibility/CSR BUMN pengelola jasa pelabuhan umum tersebut.

“Kali ini, kami kembali menyalurkan Rp 350 juta kepada 16 orang mitra binaan, warga Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Gunungsitoli. Sehingga total dana PKBL yang disalurkan PT Pelindo Cabang Sibolga selama tahun anggaran 2011, ini berjumlah Rp 785 juta,” ungkap Sihar Sihite pada acara penyerahan dana PKBL tersebut, Kamis (22/12) di aula kantor PT Pelindo Sibolga.

Sebelumnya, kata Sihar, pada 29 November 2011, pihaknya telah menyalurkan dana PKBL sebesar Rp 435 juta untuk 14 orang pelaku usaha mikro dan kecil (UMK). Dengan demikian, secara keseluruhan, pembiayaan pinjaman berbunga murah sebesar 6% pertahun atau 0,5% perbulan sejak tahun 2000-2011, telah mencapai sebesar Rp 4,9 miliar lebih.

Sihar mengatakan, para penerima dana PKBL seyogianya bersyukur, karena telah memenuhi persyaratan sebagai calon mitra binaan PT Pelabuhan Indonesia I.

“Hal itu mengindikasikan bahwa usaha yang digeluti memiliki potensi dan kualitas, kemudian dari sisi kepribadian memiliki kesehatan jasmani yang mendukung untuk menjalankan usaha sampai akhir kredit nantinya, memiliki mimpi, kemauan, keinginan yang kuat untuk dapat maju, berkembang, dan bertahan secara ekonomi dengan memanfaatkan pinjaman kredit program kemitraan ini untuk kemajuan usaha,” ucap Sihar.

Tujuan pemerintah membantu masyarakat dalam penyaluran modal kerja berbunga rendah kepada UMK di Indonesia merupakan sebuah upaya untuk mengentaskan kemiskinan. Karena dananya terbatas, dan agar orang lain yang belum memperoleh kesempatan mendapatkan kredit program kemitraan ini turut menikmatinya, maka, selayaknya setiap penerima kredit program kemitraan disiplin membayar cicilannya setiap bulan.

“Jika mitra lalai, lupa, dan ataupun tidak bertanggung jawab menunaikan kewajiban mengangsur kreditnya setiap bulan sesuai tabel angsurannya, maka proses pengguliran kepada orang lain pasti terganggu. Sebagai contoh, sesuai laporan Oktober 2011, saldo pinjaman masyarakat tercatat sebesar Rp 1,3 miliar lebih, dari angka tersebut sebanyak Rp 844 juta lebih masuk dalam kategori macet,” kata Sihite menjabarkan.

Pada satu sisi, hal tersebut menjadi dilema, sementara di sisi lain, PT Pelindo sangat ingin membantu masyarakat dalam lingkup yang seluas-luasnya.

“Maka itu, kami berharap, penerima dana kemitraan ini dapat memanfaatkan untuk mendukung dan mengembangkan usaha yang digeluti, jangan sekali-kali memanfaatkannya untuk kebutuhan konsumtif dan pembiayaan yang tidak ada hubungannya dengan usaha, semisal membeli televisi LCD, merehab rumah tempat tinggal, mengganti springbed, atau bahkan menambah istri,” tukas Sihar.

Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Sibolga Musidi menyampaikan apresiasi kepada managemen PT Pelindo I Cabang Sibolga yang secara rutin memberikan perhatian kepada masyarakat di sekitarnya.

“Sepengetahuan kami, dari sekian banyak BUMN di Kota Sibolga, hanya PT Pelindo I yang rutin menyalurkan dana kemitraannya,” pungkas Musidi. ( juniwan)



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Fatal error: Call to undefined function stc_get_connect_button() in /Data/publik/www/wp-content/plugins/simple-twitter-connect/stc-comments.php on line 231