Sinergitas BUMN Menyiapkan Tenaga Kerja Welder Membangun Negeri

Surabaya 20171103, Welding (pengelasan) merupakan kunci dalam pembangunan infrastruktur tak terkecuali pada bidang maritim yang tengah getol digarap oleh pemerintah. Ditengah gaung Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) pemerintah mendorong percepatan pertumbuhan tenaga kerja terampil bidang pengelasan. Dan sejalan dengan itu sinergitas 11 BUMN melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) PT PAL Indonesia (Persero), memberikan Pelatihan Vokasi bidang Pengelasan bersertifikasi dari Badan Sertifikasi Profesi Nasional (BNSP). Pelatihan Vokasi Pengelasan ini dibuka langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, didampingi Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh serta Direksi BUMN yang berpartisipasi dalam program ini.

Pelatihan Vokasi Welder diikuti 11 BUMN dari PT Krakatau Steel, PT Perusahaan Listrik Negara, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Mandiri, PT Pelindo II (Persero), PT Pelindo III, PT Angakasa Pura II, PT Biro Klasifikasi Indonesia, PT Sucofindo, PT Pertamina (batch 2) serta PT PAL Indonesia (Persero). Ini wujud nyata Sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri dalam mendukung ketersediaan tenaga welder yang kompeten, sehingga dapat meningkatkan capability dan capacity building dari bangsa Indonesia. Peningkatan angkatan kerja bidang pengelasan pun dapat terjadi sehingga kapabilitas dan dan kapasitas juru las pun terangkat. Peran aktif BUMN ini dapat mewujudkan program pemerintah pada pembangunan ekonomi nasional.

Pelatihan pengelasan yang dipelajari pada batch pertama ini sebanyak 100 Orang dari 10 BUMN meliputi teknik las Flux Core Arc Welding (FCAW) dan Shield Metal Arc Welding (SMAW). Teknik yang terakui oleh dunia ini dikuasai dengan berbagai tingkat kesulitan diantaranya 1-G posisi datar/flat, 2-G pos horizontal, 3-G pos vertical ( tegak ), 4-G pos overhead ( diatas kepala). Dalam pelatihan ini, selain teori yang diterima tentang teknik pengelasan, peserta ini juga dibentuk kesiapan mental menuju persaingan Global. Diakhir pelatihan, peserta ini pun di uji oleh assesor dan dibekali ilmu kewirausahaan, sehingga diharapkan nantinya akan mampu dan mandiri dalam wirausaha.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat PT PAL Indonesia (Persero) ini dilaksanakan setiap bulan selama 17 hari kerja dengan total 10 batch dan berakhir hingga bulan November 2018. Untuk ke depan, diharapkan keberadaan Sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri ini dapat berkembang terus dan mendapat dukungan dari semua pihak. Agar pendidikan yang berkelanjutan ini dapat turut serta membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.


Kategori Berita