KEEL LAYING Kapal Cepat Rudal (KCR-60 M)

Keel Laying Kapal Cepat Rudal 60 meter yang lebih dikenal dengan KCR-60M, adalah tahapan ke-2 dari proses sebelumnya yaitu, pemotongan plat pertama pada tanggal 2 Pebruari 2017 yang lalu. Tahapan ini adalah tahapan ke-2 dari 5 tahap dalam proses pembangunan kapal.

Dalam tahapan ke-2 proses keel laying yang dikenal dengan peletakan lunas kapal, telah mencapai target pembangunan secara keseluruhan sebesar 38,09% dari target keel laying sebesar 21,9%, atau surplus 16,18% dimana keel laying yang direncana 28 April 2017, telah dapat dilaksanakan pada hari ini 9 Maaret 2017. Innovasi ini menggunakan sistem pembangunan melalui 4 starting point dengan pendekatan sistem modular yaitu : 1) Enginee Room  2) Cargo Hold  3) Accomodation bridge 4) Wheel House. Dasar pembangunan adalah melalui Kontrak Nomor KTR/828/PDN/XII/2015/AL Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan.

Hadir dalam tahapan Keel Laying di Bengkel Assembly Divisi Kapal Perang, dipimping langsung oleh Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Laksamana Muda TNI Leonardi serta didampingi, Panglima Armada Kawasan Timur, Laksamana Muda TNI Darwanto, Direksi PT PAL INDONESIA (Persero) serta Pejabat Teras Markas Besar TNI Angkatan Laut.

Kapal perang jenis kapal patroli, Kapal Cepat Rudal 60 Meter (KCR 60) yang sedang dibangun saat ini merupakan gelombang kedua dari kapal sejenis, dimana gelombang pertama telah diserahkan sebanyak 3 (tiga) Kapal Cepat Rudal di tahun 2014. Kapal gelombang kedua ini telah dikembangkan sesuai dengan keinginan TNI Angkatan Laut. Perbedaan pada kapal ini, terletak pada penambahan Sistem Senjata yang lebih Terintegrasi serta kemampuan stabilitas yang prima. Sebagai bagian untuk menjaga dan mempertahankan Kedaualatan Negeri, dan sebagai tambahan kekuatan Maritim bagi pemerintah mengingat Indonesia sebagai Negara Kepulauan, kebutuhan Armada Perang laut yang handal dan mumpuni menjadi syarat untuk menjauhkan tangan-tangan Asing dari kedaulatan NKRI. PT PAL INDONESIA (Persero), selalu siap dan hadir dalam memenuhi kebutuhan Kapal perang yang berkualitas dan membanggakan.

Seluruh produk yang dihasilkan Insan PAL Indonesia menjadi andalan bahkan standar dalam pemenuhan kapal perang yang berkualitas dan mempunyai kapabilitas yang mumpuni serta stabilitas kapal yang semakin handal.

Spek Kapal Cepat Rudal 60 M :
Panjang : 60 Meter
Draft : 2,5 - 2,6 Meter (Full Load)
Bobot : 500 Ton
Kecepatan Patroli : 15 Knot
- Jelajah : 20 Knot
- Maksimal : 28 Knot

Jarak Jelajah    : 2.400 nM
Ketahanan : 5 hari
Mesin : 2 X 5,100 BHP


Kategori Berita