SEI Terapkan PLTS Sumba Timur dengan Efisiensi Lahan

BANDUNG (20/04/2018) - PT Surya Energi Indotama (SEI), salah satu anak perusahaan PT Len Industri, telah menyelesaikan proyek pengembangan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Listrik) dengan total 492kWp di Sumba Timur. PLTS akan melistriki 909 rumah di area-area terpencil di lintasan sepanjang 48 Km menggunakan tiang-tiang yang dapat membangkitkan listrik menggunakan panel surya yang dipasang di atasnya. Dengan desain ini maka tidak lagi diperlukan lahan yang luas seperti halnya pada PLTS konvensional.

PLTS Sumba Len SEI 3  SEI Terapkan PLTS Sumba Timur dengan Efisiensi Lahan PLTS Sumba Len SEI 3

Terdapat 11 sistem yang dibangun di lima desa, yaitu Tawui, Lailunggi, Praimadita, Tandula Jangga, dan Praiwitu. Program bantuan ini menjadi penting karena di daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau PLN, penggunaan PLTS akan mengatasi masalah ketersediaan listrik dengan biaya yang relatif terjangkau bagi masyarakat pedalaman dibandingkan menggunakan BBM. 

Pembangunan sistem oleh PT Surya Energi Indotama dilakukan pada bulan September 2017 sampai dengan Maret 2018. Dalam periode itu, konstruksi dilakukan dari awal sampai dengan PLTS dapat berfungsi dan dapat mengalirkan listrik ke rumah-rumah warga setempat. 

Pada tanggal 11 April 2018, peresmian diselenggarakan di Desa Tawui yang dibuka oleh Jonathan Nash, Deputi Wakil Presiden Millenium Challenge Corporation (MCC). Hadir juga Direktur Keuangan Len sekaligus Komisaris Utama PT SEI, Priadi Ekatama Sahari, Direktur Utama PT SEI, Bambang Iswanto serta Direktur Teknik dan Operasional PT SEI, Tri Bakti. Sambutan juga disampaikan oleh Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali, serta Kepala  Kepala Dinas ESDM Provinsi NTT, Boni Marasin. 

Dalam implementasi PLTS ini, kepemilikan dan peran serta masyarakat dalam mengelolanya sangatlah penting. Oleh karena itu selama masa konstruksi, masyarakat melalui BUMDes sudah dilibatkan dalam konstruksi dan instalasi, serta diberikan pelatihan-pelatihan untuk pengoperasian dan pemeliharaan PLTS ini nantinya. Selain itu, masyarakat juga menjadi pemilik saham mayoritas (51%) fasilitas. 

SEI Terapkan PLTS Sumba Timur dengan Efisiensi Lahan   SEI Terapkan PLTS Sumba Timur dengan Efisiensi Lahan PLTS Sumba Len SEI 2

PT Surya Energi Indotama melibatkan masyarakat setempat di setiap tahapan yang diharapkan dapat menjadi pengelolaan jangka panjang yang paling sesuai. Selama proyek berlangsung, pelatihan dan mentoring di bidang manajemen dan kewirahusahaan juga diberikan bagi lebih dari 250 perempuan dan laki-laki di desa-desa terkait. Pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat sehingga mereka bisa membayar pemakaian listrik dan dana tersebut dapat dikelola sebagai biaya operasional pemeliharaan PLTS untuk jangka panjang. (**)

Sumber : https://www.len.co.id/sei-terapkan-plts-sumba-timur-dengan-efisiensi-lahan/


Kategori Berita