PT Meratus Jaya Iron & Steel

Sejak tahun 2005, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk telah memulai untuk melakukan penelitian pemanfaatan bijih besi dan batubara lokal untuk pengembangan industri besi baja. Fokus penelitian ini terpusat di Kalimantan Selatan yang memiliki sumberdaya bijih besi dan batubara cukup besar. Tujuan penelitian ini selain pemanfaatan bijih besi dan batubara local sebagai bahan baku industri besi baja. Sesuai arahan Wakil Presiden RI pada Simposium Nasional "Pengembangan Industri Baja : Masa Depan dan Tantangannya" yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 23 Maret 2006, dengan menugaskan Departemen Perindustrian untuk mengkoordinasikan berbagai potensi nasional dalam rangka pengembangan industri besi baja berbasis sumber daya lokal di Kalimantan Selatan. PTKS melakukan penelitian untuk pengembangan industri besi baja di Kalimantan Selatan.

Seluruh aspek yang terkait dalam pengembangan industri besi baja dikaji, yang meliputi aspek teknologi, aspek ketersediaan dan pasokan bahan baku, aspek ketersediaan insfrastruktur dan utilities, aspek kelayakan ekonomis proyek, serta aspek dampak sosial ekonomis masyarakat lokal. Kajian ini diperlukan mengingat pengembangan industri besi baja membutuhkan jaminan keamanan pasokan bahan baku, modal yang besar, insfrastruktur dan utilities yang memadai serta dukungan masyarakat di lokasi yang akan dijadikan pembangunan pabrik. Selain itu, kajian yang seksama perlu dilakukan di Kalimantan Selatan yang belum cukup memenuhi ketersediaan insfrastrukturnya untuk pengembangan industri besi baja.

Dalam pengembangan industri besi baja ini, PTKS bermitra dengan PT Antam Tbk. yang juga perusahaan BUMN dan bergerak di bidang penambangan untuk mendapatkan kepastian ketersediaan sumberdaya bijih besi dan batubara serta di bidang industri besi baja. Kemitraan ini diwujudkan dengan membentuk suatu perusahaan patungan (Join Venture Company) yang diberi nama PT Meratus Jaya Iron & Steel (MJIS). Tugas utama MJIS adalah mengimplementasikan rencana pengembangan industri besi baja di Kalimantan Selatan.

Website : www.meratusjaya.com