PT Krakatau Bandar Samudera

PT Krakatau Bandar Samudera

Pelabuhan Cigading - dikelola oleh PT Krakatau Bandar Samudera merupakan entitas bisnis yang berkonsentrasi kepada penanganan curah (bulk) baik berupa bahan baku bijih besi, curah kering (gypsum, gula, soyabean meal, dan lain-lain) serta barang-barang seperti batu bara dan besi tua.

Menjalankan operasinya di daerah Cigading, suatu Kawasan Industri di Cilegon yang dapat dengan mudah diakses, baik melalui rute kereta api, jalan tol maupun jalan biasa ke wilayah Jawa Barat dan Jakarta.

Pelabuhan Cigading memiliki kedalaman pelabuhan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain di Indonesia, berbagai jenis kapal bisa dengan mudah bersandar, mulai jenis Handy, Panamax maupun Capesize dengan kapasitas angkut sampai 150.000 ton.

Untuk menopang kelancaran bisnisnya di samping pasokan listrik dan air yang lebih dari cukup, KBS dilengkapi pula dengan tiga buah gudang tertutup yang masing-masing berukuran 30 x 130 m, gudang terbuka, dan masih tersedia kurang lebih 240 Ha lahan siap untuk investasi.

Mengolah Potensi Cigading Sebagai Pelabuhan Kelas Dunia

Dengan ketersediaan dermaga luar sepanjang 855 m, dermaga dalam sepanjang 243 m, dan dermaga tongkang 75 m, menjadikan Cigading sebagai pelabuhan besar dan terdalam di Indonesia dan menjadi pilihan utama bagi kapal-kapal yang akan melakukan tambat.

Fasilitas yang dimiliki berupa dermaga untuk ekspor dan sandar yang mampu melayani 10 kapal dalam waktu bersamaan dan tidak hanya untuk keperluan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, namun juga pengguna jasa pelabuhan lain.

Dengan fasilitas dermaga yang memadai Pelabuhan Cigading disiapkan untuk menangani segala jenis kargo curah, baik untuk muat, transshipment maupun untuk pengolahan industri.

Selain menyediakan jasa bongkar muat dengan kecepatan kompetitif (tabel 3), PT KBS juga memberikan jasa tambahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan konsep Total Landed Cost, yaitu memberikan kesempatan kepada konsumen untuk meraih produk yang lebih kompetitif. Secara umum jasa yang diberikan Pelabuhan Cigading meliputi: jasa dermaga, bongkar muat, jasa pengarungan, dan jasa kawasan.

Untuk mendukung kegiatan penyediaan jasa tersebut, PT KBS juga menyediakan sebuah loading crane, 4 buah unloading crane, 2 buah sistem conveyor, suplai air dan listrik, lahan seluas 240 Ha, serta ketersediaan gudang 2 dengan kapasitas 12.000 m .

 

Website: www.cigadingport.com