Kerjasama TNI-AL dengan Galangan Kapal

TNI Angkatan Laut, yang memiliki Kapal – kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk operasional kegiatan pertahanan Negara Republik Indonesia, telah melaksanakan kerjasama dengan Industri dan Jasa Maritim Nasional baik yang berbentuk Badan Usaha Milik Negara maupun Swasta yang bergerak dalam bidang jasa pembangunan dan reparasi kapal (perawatan, perbaikan dan docking kapal-kapal).

Pada tanggal 6 Pebruari 2014 bertempat di MABES TNI AL Cilangkap Jakarta Timur, Nota Kesepakatan Bersama tentang Jadwal Kegiatan Docking KRI TA. 2014 tersebut ditandatangani. TNI Angkatan Laut, dalam hal ini DISMATAL, KOARMATIM. KOARMABAR, KOLINLAMIL dan DISHIDROS dan INDUSTRI DAN JASA MARITIM, dalam hal ini PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero), PT. PAL Indonesia, PT. Dok & Perkapalan Surabaya, PT. Jasa Marina Indah, PT. Dok Dua Satu Nusantara, PT. Katya Delka Maritim Belawan dan PT. Pahala Harapan Lestari Bangka Belitung.

Kerjasama docking/perawatan kapal-kapal TNI AL dengan Galangan-galangan Kapal Nasional ini boleh dikatakan kerja sama dalam bentuk HDS (Home Doctor Sevices). Kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak, di pihak TNI AL diuntungkan dengan terjaminnya ketersediaan dock space, sementara Galangan Kapal diuntungkan dengan terjaminnya order secara regular.


Kategori Berita