KBUMN

Sinergi Membangun Negeri

Kamis, 24 April 2014

|Visi Kementerian BUMN “Menjadi Pembina BUMN yang Profesional untuk meningkatkan nilai BUMN” |                                          SMS Kritik & Saran tentang BUMN dan Kementerian BUMN ke 08111-188-188|                                                                                                                Hati Hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Pejabat Kementerian BUMN dalam proses pengadaan barang dan jasa. Kementerian BUMN tidak pernah meminta pungutan biaya apapun melalui surat,telepon maupun sms, dalam proses maupun pemenang pengadaan Barang dan Jasa

Kontribusi Kinerja Kementerian BUMN


Definisi

  • Dividen
    Adalah bagian dari laba BUMN yang diputuskan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dividen BUMN seringkali menjadi indikator prestasi Kementerian Negara BUMN sebagai Pemegang Saham BUMN.
  • Pajak
    Adalah iuran masyarakat atau korporasi kepada negara (yang dapat dipaksakan) yang terutang oleh yang wajib membayarnya menurut peraturan perundang-undangan dengan tidak mendapat prestasi kembali yang langsung dapat ditunjuk. Pajak digunakan terutama untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran umum berhubung tugas negara untuk menyelenggarakan pemerintahan.
  • PKBL
    Adalah kependekan dari Program kemitraan dan Bina Lingkungan. Program ini wajib dilakukan oleh BUMN yang dibiayai dari penyisihan sebagian laba bersih perusahaan. Pelaksanaan PKBL juga merupakan tugas social mengingat ini bukan core business BUMN. Dalam pelaporannya, BUMN wajib melakukan pembukuan tersendiri terhadap PKBL tersebut, yang merupakan bagian dari penilaian kinerja Direksi BUMN yang tertuang dalam Key Performance Indicator (KPI).

Royalti BUMN

Publikasi

+ Index