Rabu, 16 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Prestasi

Infobank Awards 2013

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

Kontribusi PT. KIM (Persero) terhadap pengembangan industri di SUMUT

View Results

Loading ... Loading ...

Pentingnya Pengembangan LIK,PIK,SUIK.

9 Maret 2012

Industrialisasi merupakan salah satu tahap perkembangan ekonomi yang dianggap penting untuk dapat mempercepat kemajuan ekonomi suatu bangsa. Industrialisasi merupakan proses perubahan struktur ekonomi dari struktur ekonomi pertanian atau agraris ke struktur ekonomi industri. Tidak dapat dipungkiri bahwa industrialisasi memberikan dampak yang positif bagi perekonomian di Indonesia, yaitu menjadi penyumbang nilai tambah yang dominan dan telah tumbuh pesat mengimbangi laju pertumbuhan sektor pertanian.

Pengembangan industri berskala kecil akan membantu mengatasi masalah pengangguran mengingat teknologi yang digunakan adalah teknologi padat karya, sehingga bisa memperbesar lapangan kerja dan kesempatan usaha, yang pada giliranya mendorong pembangunan daerah dan kawasan pedesaan.

Pentingnya industri, khususnya di negara-negara sedang berkembang sering dikaitkan dengan masalah-masalah ekonomi dan sosial di negara tersebut seperti tingkat kemiskinan yang tinggi, jumlah pengangguran yang besar terutama dari golongan masyarakat berpendidikan rendah, ketimpangan distribusi pendapatan, dan proses pembangunan yang tidak merata antara kota dan desa. Untuk itu, keberadaan atau pertumbuhan industri kecil diharapkan dapat memberi suatu kontribusi positif yang signifikan terhadap upaya-upaya penanggulangan masalah-masalah tersebut.

Karakteristik umum industri kecil di Indonesia dicerminkan oleh permasalahan kondisi internal dan eksternal. Kondisi internal tersebut meliputi faktor kewiraswastaan, permodalan, pemasaran, keterampilan, ketersediaan bahan baku, desain produk, peralatan dan sarana usaha. Disamping itu kondisi eksternal yang kurang menguntungkan bagi perkembangan industri kecil lebih mempersulit posisi industri kecil untuk melangkah maju ke arah modernisasi. Oleh karena itu perlu diusahakan pembinaan-pembinaan terhadap industri kecil meliputi pembangunan Lingkungan Industri Kecil (LIK), Pemukiman Industri Kecil (PIK), dan Sarana Usaha Industri Kecil (SUIK) serta pemanfaatan fasilitas yang ada.

Berikut ini adalah pengertian dari LIK,PIK,dan SUIK :

Lingkungan Industri Kecil (LIK) merupakan suatu daerah tertentu didalam atau diluar zona industri yang memiliki jaringan prasarana bagi sejumlah unit produksi, memiliki pelayanan bersama atau Common Service Facilities (CSF) dan fasilitas untuk memberikan pelayanan dan pembinaan. Industri Kecil yang berusaha didalam LIK diharapkan dapat berkembang dan mendorong perkembangan industri kecil di luar LIK.

Pemukinan Industri Kecil (PIK) merupakan suatu komplek bangunan yang terdiri atas gabungan antara tempat tinggal dengan tempat berproduksi para pengusaha industri kecil dan dilengkapi dengan sarana atau fasilitas yang memadai bagi kelanjutan perusahaan industri kecil (Departemen Perindustrian 1982.

Sarana Usaha Industri Kecil (SUIK ) merupakan suatu sarana atau wahana yang dapat dimanfaatkan oleh pengusaha industri kecil dalam menjalankan usaha dalam kaitan dengan industri menengah atau besar (sub-contracting). SUIK pada umumnya ditempatkan didalam atau berdekatan dengan kawasan-kawasan industri.



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>