Jumat, 25 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT Kertas Leces (Persero)

Visi : "Menjadi produsen kertas yang terintegrasi, berwawasan lingkungan dan kuat dalam persaingan global"

Prestasi

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

TURNAROUND MANAGEMENT 9

17 Mei 2013

Budi Kusmarwoto (Direktur utama) mengunjungi stand PT Kertas Leces (Persero) di ajang Pameran P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) di Surabaya

Stand Pameran PT Kertas Leces (Persero) dengan tema : Pro poor, Pro Growth, Pro Green, di ajang Pameran 2nd APP 2013 (2 tahun Assosiasi Pulp Paper 2013) di Jakarta

FILOSOFI BISNIS PT KERTAS LECES :

PRO POOR – PRO GROWTH – PRO GREEN &
CHARACTER BUILDING

PT Kertas Leces ke depan harus melakukan transformasi bisnis membuat Kertas Mulia yang
bermargin tinggi karena kapasitas produksi kertas sangat kecil yakni 180.000 ton/tahun
dengan jumlah karyawan sekitar 1.800 orang.
Produk konvensional berupa kertas budaya dan kertas lain dengan margin 10-15% sudah
tidak bisa menghidupi perusahaan yang terbukti dari kinerja keuangan sejak tahun 2005 yang
terus merugi sampai tahun 2012.

Serat kertas mulia yang kita sasar hanya tumbuh di daerah dengan hari hujan sekitar 80%
atau sekitar 280-290 hari dalam satu tahun. Kawasan ini kebetulan dalam pengamatan tim ahli
berada di pulau-pulau terluar negara kita yang termasuk dalam ketegori kawasan tertinggal
sesuai SK MENTERI PERCEPATAN DAERAH TERTINGGAL No. 04/PER/M-PDT/II/2007 tanggal
6 Pebruari 2007.

Tentunya didalam melakukan transaksi bisnis untuk memperoleh serat kertas mulia dengan
masyarakat setempat harus dengan pendekatan win-win. Keberlangsungan bisnis akan
terjaga bila kedua sisi yakni “penjual” dan  “pembeli” sama-sama untung.  PT Kertas Leces
bahkan bisa berperan lebih jauh lagi dalam arti menjadi “engine of growth” /  “mesin
pertumbuhan” di kawasan tertinggal tersebut.
Judul diatas itulah yang merupakan sikap PT  Kertas Leces di dalam melakukan aktifitas
bisnisnya yang merupakan “ Filosofi Bisnis Perusahaan “.

PRO POOR  :
Keberpihakan PT Kertas Leces untuk mengembangkan potensi  Sumber Daya Manusia (SDM)
pulau terluar tersebut melalui transaksi  yang saling menguntungkan, sehingga SDM kawasan
tersebut  mempunyai akses perekonomian atau dengan kata lain meningkatkan daya beli dan
kesejahteraan masyarakat.

Belum lagi potensi menggarap “produk jadi” yang dapat dilakukan ke rumah-rumah
masyarakat setempat di Kecamatan Leces yang berarti juga “membuka lapangan kerja”.

PRO GROWTH  :
Keberpihakan PT Kertas Leces dalam mengembangkan potensi kawasan untuk meningkatkan
pendapatan PDRB ( Pendapatan Domestik Regional Brutto).
Keberadaan PT Kertas Leces di kawasan tersebut dalam melakukan aktifitas bisnisnya
diharapkan meningkatkan PDRB pada kisaran 25% setiap tahun.
Peningkatan PDRB ini cukup signifikan untuk menumbuh kembangkan infrastruktur dan
kualitas hidup kawasan.

PRO GREEN :
Kemampuan tanaman serat kertas mulia rata-rata menyerap CO2 lebih besar sekitar 20%
dibanding dengan tanaman keras lainnya serta energi yang dibutuhkan dalam mengolah serat
kertas mulia tersebut sekitar  50% dibanding dengan energi untuk mengolah pulp tanaman
keras.

Ke dua aspek tersebut memberikan kontribusi positif untuk memperlambat laju kerusakan
lingkungan akibat radiasi energi atau yang disebut “efek rumah kaca”.
Hal ini mewujudkan kepedulian PT Kertas Leces terhadap lingkungan didalam aktifitas
bisnisnya.

CHARACTER BUILDING :
Umumnya Sumber Daya Manusia pada kawasan  tertinggal / pulau-pulau terluar yang minim
infrastruktur yang berbanding lurus dengan  minimnya fasilitas pendidikan.  Kombinasi
masalah tersebut ditambah lagi dengan minimnya akses perekonomian menimbulkan dampak
negatif terhadap pola hidup dan budaya kerja masyarakat setempat. Bahkan di suatu kawasan
masyarakatnya terbiasa dengan  minuman keras mengingat kawasan-kawasan tersebut
mempunyai curah hujan  dan hari hujan yang cukup tinggi  per tahun, sehingga iklimnya
dingin dan adanya “ waktu kosong “  yang panjang.

Peran bisnis PT Kertas Leces secara tidak langsung akan meningkatkan daya juang  dan
pemanfaatan waktu  yang lebih produktif bagi masyarakat setempat untuk memperoleh akses
perekonomian.
Apabila ini tercapai maka akan terbentuk SDM dengan karakter yang kuat dan sadar akan
potensi diri dan kawasan sehingga “melek” secara ekonomi

Inilah yang saya sebut CORPORATE BUSINESS PHILOSOPHY atau dalam Bahasa Indonesia
FILOSOFI BISNIS KORPORASI yang mendasari setiap langkah dan proses bisnis PT Kertas
Leces di masa depan.
Filosofi bisnis yang mendasari PT Kertas Leces disebut juga sebagai “BISNIS
BERKARAKTER”

Probolinggo,  15 Mei  2013
PT Kertas Leces (Persero)

Budi Kusmarwoto
Direktur Utama



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>