Friday, 18 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT Kertas Leces (Persero)

Visi : "Menjadi produsen kertas yang terintegrasi, berwawasan lingkungan dan kuat dalam persaingan global"

Achievements

Activity

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

TURNAROUND MANAGEMENT 10

29 May 2013

Budi Kusmarwoto (Dirut PT Kertas Leces) bersama Syarif Hidayat (Direktur Keuangan)

MEMBANGKITKAN ROH TANPA RAGA ?

Hari ini tanggal 28 Mei 2013 tepat satu tahun saya duduk di PT Kertas Leces sebagai Direktur Utama. Kinerja Finansial belum tampak.
Dewasa ini yang terlihat baru peningkatan Budaya Perusahaan antara lain : kekompakan antar lini, kesanggupan bertanggung jawab dan semangat berinovasi untuk kemajuan perusahaan.

Dalam dunia bisnis dengan persaingan ketat dimana bisnis kertas juga merupakan bisnis komoditas, dapat dibayangkan kesulitan PTKL dalam mempertahankan hidup  mengingat posisinya  sebagai pemain kecil yang hanya 2%  dari produk kertas Nasional.
Belum lagi kebutuhan pokok pulp masih bergantung kepada pihak lain yang tidak relevan lagi disebut Kompetitor mengingat besarnya skala usaha supplier tersebut.

Dalam dunia bisnis bukan hanya perusahaan besar yang dapat  bertahan hidup secara  berkesinambungan tetapi  kita PTKL yang kecilpun bisa hidup berkesinambungan dan bahkan menjadi besar asalkan dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman dan kebutuhan konsumen
atau pasar di masa mendatang.
Itulah yang disebut dengan VISI Perusahaan.

Sudah jelas bahwa dunia paperless harus kita sikapi dan kita sambut kebutuhan baru akan kertas-kertas  yang bersifat lebih tinggi dan lebih canggih di masa depan.
Untuk itu PTKL harus giat melakukan inovasi-inovasi supaya selaras dengan kebutuhan pasar dunia di masa mendatang.

Bulan April 2013 kemarin PTKL mendokumentasikan 3 (tiga) produk inovasi yang meliputi :
1.  Renovasi Cooling Tower
2.  Membangun Mesin Grubben Pulper
3.  Produk Kertas Mulia

Untuk  pertama  kalinya  dalam sejarah  PTKL mengajukan karya inovasi tersebut diatas sekaligus 3 (tiga) buah yang diajukan dalam forum inovasi  di bulan April lalu di Kementerian BUMN.

Saat  ini  PTKL  sedang  melakukan  inovasi  Mesin  Decorticator  (Mesin Penyerat / Pembuat Serat)  kerjasama  antara  Divisi  Litbang,  Bengkel, Divisi Teknik dan Tim Abaca.  Diharapkan produk Mesin Decorticator ini kelak dapat dipasarkan dalam jumlah cukup besar dengan brand name     “LECES“

Produk inovasi lain pada tahun ini adalah serat pisang ‘X’ dengan kekuatan serat di atas NBKP namun dibawah serat Mulia.
Sifat-sifat / karakteristik atau technical  specification serat ‘X’ saat ini se- dang dalam   pengujian  secara intensif,  disamping juga survey mengenai jumlah deposit yang ada di lapangan.
Ditemukannya serat ‘X’ ini tentu akan menimbulkan  efisiensi biaya baik di energi proses maupun hasil akhir produk yang secara langsung memberikan dampak positif terhadap kinerja finansial.

Kebangkitan PTKL yang dilakukan dengan upaya Turnaround Mana- gement yang meliputi aspek budaya perusahaan  – selective agresiveness – financial sampai saat ini baru mencakup 2 (dua) aspek di depan  dan belum terwujud  pada aspek finansial.

Geliat atau dinamika Budaya Perusahaan dan Upaya Inovasi ini adalah inti kekuatan perusahaan atau ROH. Kinerja Finansial yang merupakan hasil akhir dari kedua aspek itulah yang merupakan perwujudan perusahaan secara utuh yang diumpamakan sebagai RAGA.

Dewasa ini kita perkaya  ROH-nya dulu kemudian akan menuju terbentuknya  RAGA yang sehat tentunya.

Probolinggo,  28  Mei  2013
PT Kertas Leces (Persero)

Budi Kusmarwoto
Direktur Utama



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>