Friday, 25 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi : Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders. Misi : Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan.

Achievements

PT KAI Raih Juara II BUMN Jasa Non Keuangan Berdaya Saing Terbaik, Anugerah BUMN 2013

Activity

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Tentang SDM

Sumber daya manusia menempati posisi yang sangat penting bagi perusahaan untuk bisa menjawab kesulitan atau tantangan yang ada. kualitas  sumber daya manusia yang unggul dan kompeten dapat mempertahankan perusahaan dari kesulitan yang dialami, bahkan sumber daya manusia ini merupakan salah satu faktor yang dominan di dalam perusahaan yang membuat perusahaan dapat berkembang dengan baik.

PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) menyadari bahwa kualitas dan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki sangat penting dalam mendukung visi dan misi perseroan untuk mencapai kinerja terbaik. Pencapaian prestasi PT. KAI hingga saat ini tidak lepas dari dukungan seluruh jajaran manajemen yang memilki pengalaman, keahlian dan dedikasi tinggi. Hal inilah yang mendorong PT. KAI secara konsisten mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui upaya – upaya pengelolaan sumber daya manusia,  salah satunya penyelenggaraan SDM berbasis human resources information system (HRIS) yang saat ini sedang dalam proses pengembangan. HIRS ini diperlukan agar mempercepat dan mempermudah proses berbagai keperluan dalam mengembangkan kompetensi serta pengontrolan dari masing-masing pegawai.

Sampai dengan akhir tahun 2011, PT. KAI mempekerjakan pegawai sebanyak 27.893 pegawai. Dibanding tahun 2010 bertambah sebanyak 1.373 pegawai. Kenaikan jumlah pegawai disebabkan karena adanya proses rekrutmen mulai dari level SMU, D3 dan S1. Secara umum gambaran komposisi dan jumlah pegawai dapat terlihat sebagai berikut :

Grafik Pegawai PT. KAI periode 2007 - 2011

Rekrutmen

Untuk menjaring tenaga-tenaga profesional yang berkualitas, dalam tahun 2011 ini PT. KAI telah melakukan proses rekrutmen diantaranya, rekrutmen eksternal masinis dan Pemimpin Perjalanan Kereta Api (PPKA) tingkat SLTA, rekrutmen eksternal jalur prestasi tingkat SLTA, rekrutmen eksternal yang memiliki kompetensi spesifik tingkat D3/S1, rekrutmen eksternal tingkat SLTA, rekrutmen eksternal khusus akuntasi dan perpajakan, rekrutmen internal tingkat D3/S1, rekrutmen eksternal khusus dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), dan rekrutmen eksternal program khusus jalur berpengalaman/keahlian tingkat S1/S2. Jumlah pegawai yang berhasil direkrut tahun 2011 sebanyak 1096 pegawai.

Pendidikan dan Pelatihan

Untuk pelaksanaan tugas di PT. Kereta Api Indonesia (Persero), diperlukan proses pendidikan dan pelatihan secara terprogram dan kontinyu baik dibidang prasarana, sarana, operasional, niaga, maupun manajemen. Sebagian kegiatan pendidikan dan pelatihan diselenggarakan secara internal PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melalui sejumlah lembaga berikut:

  1. Balai Asesmen di kantor pusat PT. Kereta Api Indonesia (Persero), dengan spesifikasi kegiatan membuat bank soal asesmen, pengembangan teknik asesmen, peningkatan kompetensi asesor, pemetaan kompetensi pegawai, serta melakukan asesmen terhadap pegawai yang akan menempati posisi jabatan struktural dan fungsional.
  2. Balai Pelatihan Operasi dan Pemasaran (BP Opsar, dengan spesifikasi pendidikan bidang operasional seperti Pemimpin Perjalanan KA (PPKA) dan Kondektur, yang dalam jangka panjang juga dapat menempati posisi jabatan sebagai Kepala Stasiun, Pengawas Operasi bahkan Kepala Seksi Operasi dan Kepala Seksi Niaga.
  3. Balai Pelatihan Teknik Prasarana (BPTP), dengan spesifikasi pendidikan bidang operasional khususnya petugas operasional di Jabodetabek. Selain itu, di BPL Opka Bekasi ini juga diselenggarakan spesifi kasi pendidikan bagi teknisi jalan rel dan jembatan untuk posisi jabatan Kepala Distrik, Kepala Resort, serta calon Pengawas Jalan Rel dan Jembatan.
  4. Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT), dengan spesifikasi Asisten Masinis, Teknisi KA, Teknisi Listrik dan AC, Teknisi di Balai Yasa (Bengkel) KA, yang dalam jangka panjang juga dapat menempati posisi jabatan Kepala Ruas di Dipo Lok/Kereta, Kepala Dipo Lok/Kereta, Pengawas dibidang Sarana, bahkan Kepala Seksi Sarana.
  5. Balai Pelatihan Teknik Sinyal dan Telekomunikasi (BPTST), dengan spesifikasi pendidikan bidang Persinyalan dan Telekomunikasi Perkeretaapian seperti teknisi Persinyalan dan Telekomunikasi, yang dalam jangka panjang dapat menempati posisi jabatan sebagai Kepala Distrik, Kepala Resort, bahkan Pengawas serta Kepala Seksi dibidang Sinyal dan Telekomunikasi.
  6. Badan Pelatihan Manajemen (BPM), dengan spesifikasi pendidikan bidang manajemen serta kepemimpinan baik untuk penjenjangan kepemimpinan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero), maupun untuk perluasan wawasan kepemimpinan.

Adapun berbagai program pelatihan bagi para pegawai yang telah dilakukan oleh PT. KAI, diantaranya:

  1. WORKSHOP/ SEMINAR/TRAINING/LOKAKARYA Peningkatan SDM
  2. Pelatihan d studi banding ke Perancis
  3. JR  EAST (JEPANG ) yaitu tugas Belajar untuk penambahan wawasan, pola fikir yang terkait SDM
  4. TUGAS BELAJAR DI SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT (STTD) BEKASI Untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang lebih profesional sesuai bidang yang diperlukan perusahaan
  5. Diklat Teknik Operasi bagi Masinis, Asisten Masinis, Masinis KRL, Pemimpin Perjalanan Kereta Api (PPKA), Penjaga Juru Lintas (PJL), Juru Penilik Jalan (JPJ), dan operator MTT.
  6. Diklat service exelence untuk Peningkatan SDM, wawasan, perilaku agar dapat meningkatkan kinerja dalam pelayanan prima, baik internal maupun eksternal.
  7. Diklap QSQL untuk mereview tugas pokok dan fungsi yang berkaitan dengan SOP  unit masing – masing.
  8. Pendidikan dan latihan administrasi
  9. Pendidikan Dasar Kewiraan/Personality Effectivenes yaitu pembentukan karakter dan disiplin kerja, yang diperuntukkan bagi pegawai baru.