Wednesday, 16 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Visi : Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders. Misi : Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamanan.

Achievements

PT KAI Raih Juara II BUMN Jasa Non Keuangan Berdaya Saing Terbaik, Anugerah BUMN 2013

Activity

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Pelatihan dan Pembekalan Calon MOD Kereta Api Argo dan Satwa Tahun 2011

1 August 2011

Upaya peningkatan pelayanan terus dilakukan oleh PT KAI (Persero) demi memuaskan pelanggan. Bekerja sama dengan PT Krakatau Indah, PT KAI merekrut MOD (Manager on Duty) untuk bertugas di KA kelas Argo dan Satwa mulai awal Agustus 2011. Semula tugas MOD dijalankan oleh Kondektur, namun demi memaksimalkan hasil yang ingin dicapai maka direkrutlah tenaga khusus untuk melaksanakan tugas dan fungsi dari MOD.

Calon MOD PT KAI berasal dari berbagai daerah di Indonesia, pendidikan minimal S1/D3, dan berusia maksimal 35 tahun. Setelah melalui berbagai tahapan tes seperti administrasi, psikotest, wawancara dan tes di atas KA, maka terpilihlah sejumlah 48 orang MOD. MOD mempunyai tugas pokok diantaranya melakukan cek kesiapan rangkaian, fasilitas, dan crew KA; menempatkan papan Nama  & NO. HP ditempat yang telah ditentukan; memberikan informasi melalui audio visual kepada  para penumpang; mengawasi pelayanan yang dilakukan petugas restorasi; serta kontrol kenyamanan dan komplain penumpang  di atas KA.

Untuk menunjang kompetensi dan persiapan bertugas, maka pada 26-29 Juli 2011 diadakan pelatihan dan pembekalan kepada calon MOD di Baturraden, Purwokerto. Kegiatan pembukaan pelatihan dihadiri oleh Kadaop 5 Sinung Tri Nugroho, Advisor Direktur Komersial Nunuk Prihatiningsih, Manajer Tarif Pemasaran Angkutan Penumpang Agus Setia, Manajer Customer Care Basri, dan Manajer Komersial Daop 5 Bambang Dwiminarso. Dalam sambutannya Sinung menyatakan bahwa selama ini banyak komplain di atas KA yang tidak tertangani, dengan adanya MOD yang lebih fokus pada pelayanan ketimbang operasional KA, maka diharapkan segala bentuk komplain bisa ditangani dengan baik sehingga penumpang merasa nyaman dan citra positif serta pendapatan pun meningkat. ”Pelatihan ini bagus, banyak pengetahuan dan regulasi yang harus dipelajari sebagai dasar memberikan pelayanan pada pelanggan,” ujar Singung.

Selama empat hari, peserta MOD mendapatkan pelatihan tentang service exelence, standard operation procedure dan tupoksi; pengetahuan tentang operasi KA (gapeka, fasilitas stasiun, STP, cara pemesanan & pembayaran tiket); pengetahuan sederhana tentang sarana; pengetahuan tentang perusahaan; cara menangani komplain dan service recovery procedure; dan cara pembuatan laporan & check list. Para peserta juga mendapat materi membangun kepercayaan diri/motivasi dari duta kereta api, Didi Petet. Di hari terakhir, mereka diajak jalan-jalan ke Dipo dan Stasiun Purwokerto untuk belajar tentang jenis & fasilitas kereta, jenis lokomotif dan perawatan kebersihan KA. ”MOD harus pandai memberikan komunikasi yang baik, tidak membela diri tapi bisa memberikan edukasi terhadap penumpang KA. Keberadaan MOD diharapkan mampu mengeliminir komplain demi peningkatan citra PT KAI. Dengan pelayanan yang prima, tentunya akan tercipta hubungan yang harmonis antara pengguna jasa dan PT KAI” papar Nunuk Prihatiningsih, advisor Dirkom. (Humaska)



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>