Berita


Sewindu IRPS

Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) sebuah komunitas pencinta dan pemerhati sejarah kereta api bertambah usianya. Sudah delapan tahun ia dibentuk semenjak 25 Juni 2002. Bertepatan dengan itu, pada Sabtu (26/6), bertempat di ruang auditorium Kantor Pusat PT. KAI di Bandung, IRPS bekerjasama dengan PT. KAI mengadakan Syukuran dan  Sarasehan serta Pameran Kereta Api. Acara yang dimulai pukul 09.00 ini merupakan ajang untuk silaturahmi dan diskusi antara sesama anggota IRPS dan komunitas-komunitas pencinta kereta api lainnya, seperti semboyan 35, komunitas edan sepur, KRL mania dan sebagainya.

Dalam sambutan Direksi PT. KAI, yang diwakilkan oleh Executive Vice President (EVP) Sarana dan Traksi,  Hartono AS, mengemukakan rasa terima kasihnya pada IRPS karena menjadi kelompok yang peduli terhadap perkembangan perkeretaapian di Indonesia. PT. KAI berharap kepada peserta sarasehan dapat menyumbangkan pemikiran-pemikirannya untuk ikut serta memajukan perkeretaapian di tanah air, ujarnya.

Ketua Umum IRPS, Aditya Dwi Laksana mengemukakan bahwa kegiatan sewindu IRPS ini jangan sampai menjadi seremoni semata. Kereta api merupakan moda transportasi yang sangat maju dan penting bagi perkembangan Indonesia. Saya merasa bangga, karena di Asia, Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki kereta api setelah India. Perkeretaapian juga sangat membantu perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, oleh karenanya aset sejarah yang dimiliki oleh PT. KAI mesti diselamatkan, tutur Aditya.

irps_400
Para Peserta Syukuran dan Sarasehan Sewindu IRPS serta Pejabat di lingkungan PT. KAI foto bersama di ruang Auditorium Kantor Pusat PT. KAI

Kegiatan ini juga diisi dengan materi-materi yang menarik. Tjahjono Rahardjo, anggota dari IRPS memberikan materi mengenai Menelusuri Jejak Awal Perkeretaapian Indonesia. Kemudian ada Djoko Setijowarno dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) memaparkan tentang Potensi Revitalisasi Jalur-jalur KA Non-Aktif. Setelah diselingi oleh santap siang, dilanjutkan Forum Diskusi Layanan Jasa Angkutan Kereta Api antara pecinta kereta api dengan Direktorat Komersial PT. KAI. Dan diakhiri dengan materi Upaya Pemberdayaan Aset Pusaka Kereta Api Indonesia yang dipaparkan oleh EVP Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT. KAI, Ella Ubaidi. Sarasehan siang itu menjadi makin berkesan karena para anggota IRPS juga memamerkan foto, gambar karikatur, serta maket kereta api yang dimilikinya.

Source :Humaska


Kategori Berita