Perbaikan Tanah Longsor Rampung, Kereta Api Sudah Bisa Melintas

GROBOGAN, KOMPAS.COM - Perbaikan tanah longsor di bawah bantalan rel kereta api di Km 61 + 7/8, wilayah Desa Ledokdawan, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, telah rampung.

Penanganan longsoran sepanjang 30 meter pada lapisan landasan (track foundation) itu sudah 100 persen terealisasi. Titik lokasi kerusakan ini menghubungkan antara Stasiun Gundih, Kecamatan Geyer, Grobogan, dan Stasiun Karangsono, Kecamatan Karangrayung, Grobogan.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, menyampaikan, pekerja terus menggenjot perbaikan sejak longsor yang terjadi pada Sabtu (17/2/2018) pagi.

Dioperasikan dua unit alat berat jenis ekskavator serta diterjunkan 30 petugas yang bekerja delapan jam sehari bergantian. Teknisnya, selain pergeseran rel, yakni pemadatan material, seperti batu, pasir, dan tanah, untuk memperkuat kembali konstruksi lapisan landasan rel kereta api itu.

"Malam ini sudah selesai untuk pengerjaan pergeseran rel dan penguatan fondasi tubuh badan rel telah dapat diselesaikan maksimal," kata Suprapto kepada Kompas.com, Selasa (20/2/2018) malam.

Dengan selesainya penanganan longsor ini, KA sudah diperkenankan melintas kembali. Hanya saja, sambung Suprapto, karena masih dalam tahap monitoring, kecepatan KA dibatasi maksimal 5 kilometer per jam.

"Saat ini KA yang melintas jalur itu sudah diperbolehkan melintas. Sudah normal kembali untuk rute KA, tapi kecepatan KA dibatasi karena masih dalam pengawasan sambil menunggu kestabilan perbaikan," ujar Suprapto.

 

 

 

Sumber - http://regional.kompas.com/read/2018/02/21/06172171/perbaikan-tanah-longsor-rampung-kereta-api-sudah-bisa-melintas


Kategori Berita