Wapres RI Jusuf Kalla Serahkan Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih peringkat ketiga dalam acara Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2017 untuk kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Acara yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI) ini bertempat di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (21/12). Tema yang diangkat adalah Keterbukaan Informasi Publik Menjamin Pelayanan yang Lebih Baik. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK), menyerahkan Piala dan Piagam Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kepada KAI, yang diwakili oleh Direktur Keuangan Didiek Hartantyo.

KAI meraih Peringkat III untuk Kategori BUMN dengan jumlah peserta 118 BUMN. Komponen penilaian dalam pemeringkatan KIP ini antara lain Mengumumkan Informasi Publik, Menyediakan Informasi Publik, Melakukan Pelayanan Permohonan Informasi Publik, dan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi yang kesemuanya didasarkan pada Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam sambutannya, JK mengatakan keterbukaan informasi merupakan elemen penting dari demokrasi yang harus didukung implementasinya. Terlebih badan publik, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 wajib mendukung keterbukaan informasi publik. “Keterbukaan informasi publik penting untuk dilakukan oleh setiap lembaga pemerintah. Keterbukaan informasi publik harus melibatkan partisipasi masyarakat,” ujar JK.

Ketua KIP RI Tulus Subardjono mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan demi menjaga keterbukaan informasi di badan publik seluruh Indonesia. Kegiatan monitoring dan evaluasi ini dilakukan setiap tahun sejak 2011. Ia mengatakan tingkat partisipasi badan publik yang dilihat dari pengembalian SAQ pada tahun ini mengalami penurunan. "Tepatnya dari 397 badan publik yang mengembalikan hanya 156 atau 39,29 persen," kata Tulus.

Penilaian tingkat keterbukaan informasi dilakukan oleh KIP dan dimulai dengan tahapan self-assessment questioner pada Juni 2017. Selain BUMN, KIP juga memberikan apresiasi kepada beberapa badan publik lainnya yaitu Kementerian, Pemerintah Provinsi (Pemprov), Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non - Kementerian, Lembaga Non-Struktural, dan Partai Politik yang berhasil menunjukkan komitmen dalam melaksanakan keterbukaan informasi di badan publiknya. (PR KAI)


Kategori Berita
Sub Kategori Prestasi