Segerr.. Asyiknya Ngadem Sambil Belajar di Rail Library

PURWOREJO, KRJOGJA.COM - Ada pemandangan berbeda ketika kereta Rail Clinic parkir di Stasiun Jenar Kecamatan Purwodadi. Rangkaian kereta itu lebih panjang dari biasanya, total empat gerbong.

Dua gerbong difungsikan sebagai klinik kesehatan berjalan, sedangkan sisanya untuk Rail Library. Rail Library adalah perpustakaan berjalan, tempat bagi siapapun yang ingin mengetahui berbagai informasi.

Layaknya perpustakaan, Rail Library mengangkut koleksi ratusan buku diperuntukkan bagi usia anak hingga dewasa. Selain itu, terdapat layar LED besar yang menayangkan berbagai informasi terutama terkait perkeretaapian.

Selain itu terdapat enam komputer yang terinstal aplikasi e-library. Komputer layar sentuh itu berisi berbagai informasi, tidak hanya soal kereta api, namun juga pengetahuan umum lain. Bahkan memuat seni, termasuk lagu-lagu daerah.

Gerbong Rail Library dibuat senyaman mungkin. Terdapat beberapa sofa dan alas lantai yang empuk. Kereta juga dilengkapi pendingin ruangan.

Manajer Humas PT KAI DAOP VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan, Rail Library dibangun sebagai untuk sarana belajar masyarakat di sekitar jalur kereta. "Karena satu rangkaian dengan Rail Clinic, maka dimana kami bergerak memberi layanan kesehatan, di situ pula masyarakat bisa memanfaatkan kereta untuk belajar," terangnya kepada KRJOGJA.com, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, rangkaian tersebut adalah kereta generasi ke empat yang dibangun PT KAI. "Ini kereta terbaru, sebelumnya kami membangun tiga kereta Rail Clinic dan sekarang masih beroperasi," tuturnya.

Siswa SD Bragolan Purwodadi Setiawan Agus Purnomo mengaku senang berkunjung ke Rail Library saat ada di Jenar. Ia datang bersama ibunya yang kebetulan akan memeriksakan kesehatan di Rail Clinic. "Ibu periksa kesehatan, saya dan adik naik Rail Library. Asyiknya ngadem di sini, jadi nyaman untuk belajar dan cari berbagai informasi," ungkapnya.

Ia mengaku akan kembali naik dan belajar di Rail Library apabila kereta itu datang ke Stasiun Jenar. "Kalau dengar keretanya akan datang, saya mau main ke Rail Library," tandasnya.

 

 

 

Sumber: http://krjogja.com/web/news/read/71548/Segerr_Asyiknya_Ngadem_Sambil_Belajar_di_Rail_Library


Kategori Berita