Peresmian Stasiun Terminal Barang Klari di Karawang

Anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) yaitu PT Kereta Api Logistik meresmikan Stasiun Terminal Barang Klari di Karawang, Kamis (21/12). Pengoperasian stasiun terminal barang Klari ditandai dengan pemberangkatan rangkaian KA Kontainer relasi Klari-Kalimas dengan stamformasi 20 GD atau setara dengan 40 TEUs.

Peresmian stasiun terminal barang Klari merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam memperlancar sistem logistik nasional. Stasiun Klari dipilih selain karena pusat kawasan industri, juga posisinya berada di tengah-tengah perjalanan KA Logistik. Stasiun tersebut berada di pusat titik kawasan Industri dengan menawarkan kemudahan akses. Junaidi menjelaskan faktor kemudahan akses dan waktu tempuh merupakan kunci utama bagi kelancaran rantai logistik.

Dengan potensi sekitar 2.000 TEUs per bulan diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perusahaan pada layanan KA Kontainer. Untuk memenuhi masing-masing kebutuhan pelaku usaha, Kalog akan menghubungkan angkutan barang berbasis kereta api untuk menawarkan beragam pilihan relasi dan melayani beberapa daerah bisnis industri yang strategis. Beberapa daerah tersebut diantaranya Cikarang, Karawang, Cikampek, Purwakarta, dan sekitarnya.

Dengan luas 18.681 meter persegi (m2) , saat ini Stasiun Terminal Barang Klari memiliki fasilitas container yard dengan kapasitas lebih dari 400 Teus. Untuk selanjutnya akan dikembangkan menjadi 1.000 TEUs pada tahun 2018.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Kereta Api Logistik Junaidi Nasution mengatakan hadirnya stasiun tersebut sebagai hub atau transhipment merupakan peningkatan layanan angkutan barang. Ia menyampaikan dengan adanya overcaping yang terhubung langsung dengan jalur kereta dan memungkinkan kegiatan bongkar-muat ytang dapat menekan risiko kerusakan barang akibat faktor cuaca. “Ketersediaan overcaping tersebut menjadi fasilitas ideal bagi angkutan komoditas seperti semen, plat koil, calcium carbonate, dan lainnya,” ujar Junaidi.

Vice President Freight Marketing, Sales and Customer Care KAI Hari Sukoco menekankan bahwa dengan peran moda angkutan KA maka akan terwujud distribusi logistik nasional yang efektif dan efisien.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang H. Nunuk Nugraha, menyambut baik tersedianya stasiun terminal barang Klari. Beliau mengatakan bahwa dalam waktu dekat kawasan Karawang juga akan memiliki pelabuhan yang berjarak kurang lebih sekitar 30 km dari Klari sehingga harapannya dapat menjadi peluang dan potensi bagi stasiun terminal barang Klari. (PR KAI)


Kategori Berita
Sub Kategori Inovasi