Pembatalan Tiket Kereta Api Bisa Dilakukan Online, Tak Perlu Datang ke Stasiu

Pembatalan Tiket Kereta Api Bisa Dilakukan Online, Tak Perlu Datang ke Stasiun

 

 

KOMPAS.COM, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta melakukan pengurangan jadwal perjalanan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk mengantisipasi penyebaran pandemi corona. Ada 19 rangkaian Kereta Api (KA) yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan pada 23 Maret – 1 April 2020.

KA yang mengalami pembatalan operasional adalah KA dengan jadwal perjalanan yang dekat.  Jadi bagi calon penumpang dapat mengalihkan perjalanan dengan jadwal KA lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan. Namun, jika calon penumpang tidak berkenan untuk dialihkan ke KA lain, maka bisa melakukan pembatalan dana tiket (refund) dengan bea pengembalian 100 persen.

Pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100 persen ini juga berlaku untuk calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggal darurat corona, yaitu pada 23 Maret – 29 Mei 2020. Untuk menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, calon penumpang bisa melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access.

Walaupun pembelian tiket dilakukan melalui stasiun dan channel penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access. Calon penumpang hanya perlu menyiapkan nomor idetitas yang sama sesuai dengan yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access.

Pembatalan melalui KAI Access ini juga bisa dilakukan untuk pembatalan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking. "Jadi kita sarankan masyarakat untuk melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (25/3/2020).

Bagi yang sudah memiliki aplikasi KAI Access, Eva menyarankan untuk melakukan update aplikasi.  Update aplikasi bertujuan agar secara sistem juga mendukung pengembalian 100 persen dari bea tiket. Bagi yang belum memiliki (aplikasi), harap diperhatikan pada saat melakukan download KAI Access nomor identitas yang digunakan harus sama dengan nomor identitas yang ada pada tiket.

Jika tidak melakukan pembatalan lewat aplikasi KAI Access, calon penumpang bisa datang langsung ke loket pembatalan yang ada di stasiun. Lihat Foto Suasana di luar Stasiun Jakarta Kota di Jakarta Barat, Kamis (7/9/2017). Pada hari libur, jumlah penumpang yang naik dan turun di Stasiun Jakarta Kota mencapai 90.000 orang, dua kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah penumpang pada hari-hari kerja.

Ada delapan stasiun di wilayan Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA jarak jauh. Masing-masing stasiun memiliki tiga loket yang melayani pembatalan tiket. Sementara di Stasiun Gambir dan Pasar Senen ditambah menjadi lima loket layanan pembatalan tiket. Berikut jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari

  1. Stasiun Gambir: Pukul 07.00 - 22.00 WIB
  2. Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 - 22.00 WIB
  3. Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 - 19.00 WIB
  4. Stasiun Bogor: Pukul 09.00 - 16.00 WIB
  5. Stasiun Cikampek: Pukul 07.00 - 22.00
  6. Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 - 16.00 WIB
  7. Stasiun Serang: Pukul 09.00 - 19.00 WIB
  8. Stasiun Bekasi : Pukul 07.00 - 22.00 WIB

 

 

https://travel.kompas.com/read/2020/03/25/113415927/pembatalan-tiket-kereta-api-bisa-dilakukan-online-tak-perlu-datang-ke-stasiun?page=all.


Kategori Berita
Sub Kategori Inovasi