KBN Sosialisasi Penanganan Virus Corona

Direktur Utama PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) H.M. Sattar Taba meminta jajarannya meningkatkan kesiapan menghadapi situasi yang ditumbulkan oleh penyebaran virus corona Covid-19. Selain mengancam kesehatan, penyebaran virus corona baru berdampak pada perekonomian.

”Pengaruhnya terhadap ekspor dan impor sangat dirasakan,” kata Sattar Taba pada acara sosialisasi pencegahan virus corona Covid-19 di Kantor Pusat KBN, Cakung, Jakarta, Senin, 2 Maret 2020. Sosialisasi ini dihadiri Direktur Keuangan Daly Mulyana, Direktur Pengembangan Rahayu Ahmad Junaedi, Sekretaris Perusahaan G. A. Gunadi, Direktur Utama RS Umum dan Pekerja dr. Merty Supriharti dan perwakilan dari investor di KBN.

Sattar Taba berharap, dengan digelarnya sosialisasi ini, seluruh pihak di KBN bisa melakukan antisipasi dampak penyebaran virus corona, baik bagi kesehatan maupun perekonomian, khususnya dampak terhadap kinerja perusahaan. ”Efisiensi adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kinerja perusahaan di tengah situasi ekonomi seperti ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, dr. Merty Supriharti memaparkan bahwa gejala infeksi virus corona pada manusia itu mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti demam, batuk dan sesak nafas. Virus yang awal penyebarannya dari Wuhan, China ini dikonfirmasi dapat menular kepada manusia dengan masa inkubasi selama 14 hari.

”Hingga saat ini belum ada vaksin yang dapat mengatasi virus corona,” katanya. Virus itu sudah menginfeksi lebih dari 87.000 orang 60 negara, termasuk dua orang di Indonesia. Terhadap yang orang melakukan kontak erat dengan positif corona, harus dilakukan karantina minimal 1 kali masa inkubasi terpanjang,

”Jika seseorang memiliki riwayat perjalanan ke China dalam 14 hari dari pertama sakit, atau dari luar negeri lainnya, maka dia akan dilakukan penanganan secara khusus di fasilitas kesehatan yang ditunjuk. Rumah Sakit rujukan di Jakarta adalah RSPI Dr. Sulianti Saroso, RSU Persahabatan dan RSPAD Gator Subroto,” katanya. (*)


Kategori Publikasi
Sub Kategori Berita,Kegiatan