KBN Raih Penghargaan BUMN Performance Excellent Award 2020

PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) meraih penghargaan BUMN Performance Excellent Award 2020 dengan predikat Good Performance. Penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Perusahaan PT. KBN (Persero) G.A. Gunadi pada acara penganugerahan di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu, 4 Maret 2020.

”Penghargaan ini berdasarkan Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) atas kinerja perusahaan. Tahun sebelumnya KBN memperoleh penghargaan predikat Early Improvement, kemudian sekarang Good Performance. Ini suatu peningkatan yang luar biasa,” kata Gunadi usai menerima penghargaan.

Kedepan, lanjutnya, ada beberapa kriteria penilaian lagi yang perlu ditingkatkan supaya tahun depan KBN bisa mendapat penghargaan dengan predikat Emerging Industry Leader. ”Itu penghargaan yang lebih tinggi lagi. Ini menjadi penyemangat kita semua di KBN untuk bekerja lebih baik lagi,” kata Gunadi.

BUMN Performance Excellent Awards (BPEA) merupakan ajang penganugerahan penghargaan, berupa piagam serta trophy, kepada BUMN yang telah bekerja keras membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja ekselen tertentu.

“KPKU BUMN merupakan salah satu strategi inisiatif Kementerian BUMN melalui perbaikan dan peningkatan kinerja secara kesisteman dan berkelanjutan menuju kinerja kelas dunia,” kata Sekretaris Umum Forum Ekselen BUMN (FEB), Firmanto Purdhy.

Semangat membangun daya saing gobal ini akan terus dipelihara dan ditingkatkan, terlebih di tengah situasi ekonomi dan persaingan global yang semakin ketat serta penuh ketidakpastian.

Setelah perusahaan menerapkan model bisnis ekselen berbasis KPKU, kemudian dilakukan asesmen oleh tim asesor yang terdiri dari 5-7 orang asesor terlatih, untuk mengetahui posisi daya saing perusahaan berdasarkan kinerja tahun asesmen tersebut.

Konsep KPKU diadopsi dan diadaptasi dari MBCfPE (Malcolm Baldrige Criteria Performance Excellence), yaitu Kerangka Kerja Bisnis Ekselen (Business Excellence Framework) yang mengacu pada Global Best Practise dari perusahaan terbaik kelas dunia. Konsep ini dikembangkan dan dikelola oleh National Institute of Standards & Technology (NIST), Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan telah diadopsi oleh berbagai negara di dunia.

KPKU membagi Excellence Level dalam 8 (delapan) band, mulai dari terendah yaitu 1) Early Development (ED), (2) Early Result (ER), (3) Early Improvement (EI), (4) Good Performance (GP), (5) Emerging Industry Leader (EIL), (6) Industry Leader (IL), (7) Benchmark Leader (BM), dan tertinggi (8) World Class (WC).

BPEA tahun 2020 memberikan penghargaan kepada BUMN yang dinilai memiliki Excellence Level Band minimal Good Performance (GP). Penghargaan BPEA ini, diberikan atas pencapaian tingkat kinerja ekselen (Excellence Level) perusahaan yang mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN sejak 2012. (*)


Kategori Publikasi
Sub Kategori Berita,Kegiatan