Saturday, 19 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

PT Asuransi Jiwasraya

Visi Kementerian BUMN : "Meningkatkan peran BUMN sebagai instrumen negara untuk peningkatan kesejahteraan rakyat berdasarkan mekanisme"

Achievements

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Tentang Perusahaan

Tipe Perusahaan
Badan Usaha Milik Negara

Lini Bisnis

Jasa Asuransi Jiwa

Deskripsi Bisnis

Perusahaan ini berdiri dengan satu tujuan mulia, yaitu mendidik masyarakat merencanakan masa depan. Tanggal 31 Desember 1859 menjadi awal kiprah Jiwasraya di Indonesia yang lahir dengan nama Nederlandsche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij (NILLMIJ). Dalam perjalanannya, perusahaan mengalami peleburan dengan sembilan perusahaan milik pemerintah kolonial Belanda lainnya dan satu perusahaan nasional. Pada tahun 1973 beralih menjadi perusahaan milik pemerintah Indonesia yang kini lebih dikenal sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kini Perseroan yang lebih populer dengan nama Asuransi Jiwasraya ini telah memasuki usia 145 tahun. Sepanjang itu pula kinerjanya terus ditempa demi meraih kepercayaan masyarakat. Sinergi antara tujuan mulia dengan kekuatan bisnis, mampu mengantar Jiwasraya menjadi perusahaan asuransi yang andal dan terpercaya. Dalam menjalankan usahanya, Jiwasraya selalu berusaha menyesuaikan diri dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Itu sebabnya perusahaan selalu mengadakan pembaharuan demi menjawab tuntutan jaman, diantaranya pada tahun 2003 dengan mengganti logo yang sekaligus mengganti identitas perusahaan. Semangat baru tersebut juga diwujudkan dalam motto 3-P yaitu Product, Process dan People. Sisi Product berarti bahwa perusahaan selalu berusaha menghadirkan produk-produk yang inovatif, seperti halnya JS Link Fixed 95 dan JS Link Fixed 93 untuk produk unit link (menggabungkan unsur proteksi dan invetasi), serta JS Prestasi dan JS Dana Multi Proteksi untuk asuransi pendidikan. Pada unsur Process artinya Jiwasraya selalu berusaha untuk menerapkan teknologi komunikasi terkini dalam melengkapi kecepatan dan keakuratan layanannya. Teknologi tersebut dinamakan JL-iNdO dan V-SAT. Melalui JL-iNdO proses pencetakan polis dapat segera dilakukan di cabang dimana polis diterbitkan, sedangkan V-SAT merupakan teknologi komunikasi yang menghubungkan seluruh kantor Jiwasraya baik Head Office, Regional Office maupun Branch Office menjadi satu kesatuan (on line). Sementara itu peningkatan dari sisi People dilakukan melalui standarisasi kualitas seluruh agen Jiwasraya. Perusahaan juga secara rutin mengadakan berbagai pendidikan dan pelatihan karyawan baik di dalam maupun luar negeri. Sampai saat ini Jiwasraya memiliki 505 tenaga ahli & profesional di bidang asuransi yang tersebar baik di Head Office maupun Regional Office/ Branch Office. Dukungan ketiga pilar di atas diperkuat pula oleh landasan finansial yang kokoh, diyakini akan menjadikan Jiwasraya sebagai perusahaan asuransi komersial yang terpercaya dan terkemuka, di dalam negeri maupun luar negeri.
Dasar Hukum

PT Asuransi Jiwasraya didirikan berdasarkan Akte notaries William Henry Herklos No. 185 tanggal 31 Desember 1859. NILLMIJ van 1859 tercatat dalam sejarah sebagai perusahaan asuransi jiwa yang pertama didirikan di Indonesia. Pada tahun 1957, dalam rangka Indonesianisasi perekonomian Indonesia, perusahaan-perusahaan asuransi jiwa milik Belanda yang ada di Negara ini dikenakan nasionalisasi. Pada tahun 1973 PT (Persero) Asuransi Jiwasraya yang merupakan peleburan dari sembilan perusahaan asuransi milik Belanda, ditambah dengan sebuah perusahaan nasional, berubah status dari perusahaan Negara menjadi perseroan terbatas (persero) melalui tahap peralihan sejak 8 Desember 1972 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 33 tahun 1972. Perubahan itu berlaku pada tanggal 23 Maret 1973, berdasarkan akte Notaris Mohammad Ali No. 12 Tahun 1973. Berdasarkan akte notaries Imas Fatimah, SH tanggal 12 Mei 1998 No. 10 dan tanggal 8 September 1998 No.19, yang telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan keputusan Nomor. C2-16563HT.01.04.TH98 tanggal 2 Oktober 1998, singkatan nama perusahaan dirubah menjadi PT Asuransi Jiwasraya.

 

Komposisi Kepemilikan Saham

Departemen Keuangan RI :100.00%

Kantor Pusat (Head Office)

Alamat :
Jl. Ir. H. Juanda No.34
Jakarta Pusat
10620
Ph : 021- 3845031 – 35
Jakarta II Regional Office

Alamat :
Jl. S. Parman Kav. 82 Slipi
Jakarta Barat
11410

Phone :021-5603154, 5603155
email : cab_qa@jiwasraya.co.id
Fax : 021-5667218
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=QA

Jakarta III Regional Office

Alamat :
Jl. Cikini Raya No. 97
Jakarta Pusat
10330

Phone :021-31922208,3192227
email : cab_ra@jiwasraya.co.id
Fax : 021-31926119
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=RA

Bandung Regional Office

Alamat :
Jl. Asia Afrika No. 53.
Bandung
40111

Phone :022-4204962
email : cab_ba@jiwasraya.co.id
Fax : 022-4203874
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=BA

Semarang Regional Office

Alamat :
Jl Letjend. Suprapto No.23-25.
Semarang
50121

Phone :024-3547257
email : cab_ca@jiwasraya.co.id
Fax : 024-3552209
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=CA

Surabaya Regional Office

Alamat :
Jl. Arjuna No.95-99.
Surabaya
60251

Phone :031-5475164
email : cab_da@jiwasraya.co.id
Fax : 031-5475169
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=DA

Palembang

Alamat :
Jl. Jend. Sudirman Km.3,5 No.534.
Palembang
30126

Phone :0711-351270
email : cab_ea@jiwasraya.co.id
Fax : 0711-351270
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=EA

Medan Regional Office

Alamat :
Jl. Palang Merah 1.
Medan
20110

Phone :061-4147841
email : cab_fa@jiwasraya.co.id
Fax : 0614519459
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=FA

Makassar Regional Office

Alamat :
Jl. Dr. Sam Ratulangi No.9.
Makassar
90113

Phone :0411-875112
email : cab_ga@jiwasraya.co.id
Fax : 0411-872072
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=GA

Balikpapan Regional Office

Alamat :
Jl. M.T. Haryono No.3
Balikpapan
76114

Phone :0542-874444
email : cab_ha@jiwasraya.co.id
Fax : 0542-876363
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=HA

Denpasar Regional Office

Alamat :
Jl. Raya Puputan No.23 Renon.
Denpasar
80235

Phone :0361-261127
email : cab_ia@jiwasraya.co.id
Fax : 0361-261040
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=IA

Manado Regional Office

Alamat :
Jl. Sam Ratulangi 44-46.
Manado
95111

Phone :0431-863632
email : cab_ja@jiwasraya.co.id
Fax : 0431-863632
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=JA

Pekanbaru Regional Office

Alamat :
Jl. Jend. Sudirman 341.
Pekanbaru
28011

Phone :0761-21067
email : cab_la@jiwasraya.co.id
Fax : 0761-24477
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=LA

Cirebon Regional Office

Alamat :
Jl. Siliwangi No.115.
Cirebon
45124

Phone :0231-209026
email : cab_ma@jiwasraya.co.id
Fax : 0231-209090
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=MA

Malang Regional Office

Alamat :
Jl. Merdeka Barat No.4-6.
Malang
65119

Phone :0341-363830
email : cab_na@jiwasraya.co.id
Fax : 0341-363830
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=NA

Pontianak Regional Office

Alamat :
Jl. St. Abdul Rachman No.132.
Pontianak
78121

Phone :0561-732847
email : cab_oa@jiwasraya.co.id
Fax : 0561-732517
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=OA

Yogyakarta Regional Office

Alamat :
Jl. Faridan M. Noto No.9.
Yogyakarta
55224

Phone :0274-513657
email : cab_pa@jiwasraya.co.id
Fax : 0274-510955
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=PA

Jakarta I Regional Office

Alamat :
Jl. Pemuda Kaveling No. 85
Jakarta Timur
12334

Phone :021-4710050
email : cab_aa@jiwasraya.co.id
Fax : 021-4721803
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/branch_offices.php?kdkantor=AA

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Alamat :
Jl Pemuda Kav.85, Pulogadung.
Jakarta
13250

Phone :021-4700779
email : dplk@jiwasraya.co.id
Fax : 021-4700780
Website : http://www.jiwasraya.co.id/contents/about.php?menu_id=2500&mainmenuid=2000

Strategi :
Strategi Jiwasraya Jiwasraya sebagai perusahaan asuransi besar tentu saja berkehendak besar dalam meraih pangsa pasar tersebut. Akan tetapi, Perseroan tidak boleh menghentikan targetnya hanya sampai pada penerimaan premi semata, melainkan juga berupaya mencapai target laba. Dengan demikian, Jiwasraya harus beroperasi seefisien mungkin. Demi mencapai hal tersebut, Perseoran harus menyusun langkah strategis. Di antaranya adalah dengan mengintensifkan pasar. Perseroan harus aktif melakukan eksplorasi ke daerah-daerah di lokasi beroperasinya kantor-kantor Jiwasraya. Para agen dan sales office pun terus ditambah. Sejak setahun yang lalu, rekrutmen para pekerja ujung tombak perusahaan dilakukan dengan intensif. Kualitas para agen juga terus ditingkatkan. Di setiap Regional Office terdapat dua Junior Instruktur yang akan melatih para agen demi meningkatkan kinerja mereka pun profesional. Performa yang bagus bagi para agen ini akan membuat perseroan mampu meraih target-target di masa depan. Langkah strategis berikut yang dilakukan adalah mengembangkan produk. Unsur product menjadi penting mengingat ancaman bagi industri asuransi jiwa saat ini adalah tingkat suku bunga (low interest rate) yang rendah. Sementara itu, di Perseroan saat ini masih banyak terdapat polis asuransi dari masa lalu yang terlanjur menjaminkan untuk memberi suku bunga yang relative tinggi. Misalnya, terdapat polis-polis masa lalu yang menjamin untuk memberi bunga 9%. Padahal dalam kondisi saat ini, suku bunga rata-rata hanya berkisar 5. 6%. Kondisi dengan ancaman negative spread ini harus disikapi dengan bijak. Untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat masa kini, Perseroan juga harus menciptakan produk-produk inovatif, misalnya produk unit link. Produk ini adalah produk asuransi yang dikaitkan dengan produk investasi. Kemudian juga mengembangkan produk asuransi yang berdasarkan prinsip indemnitas (please spelling check) yaitu asuransi hanya mengganti kerugian sesuai dengan jumlah yang ditanggung pemegang polis, seperti pada asuransi kesehatan.

Tujuan :

Core Values Jiwasraya Adapun nilai-nilai utama yang mendasari kinerja perseroan adalah sebagai berikut:

  1. Integritas: melekat dengan pengetahuan tentang benar dan salah, kemampuan untuk menghindari kekeliruan, kesalahan dan kemauan untuk berdiri tegak demi kebenaran.
  2. Kompetensi: memiliki pemahaman bahwa setiap karyawan Jiwasraya memiliki  semangat untuk maju, rasa tanggung jawab serta keinginan yang kuat untuk selalu mengambil inisiatif dan melakukan pengembangan diri menjadi karyawan yang dari waktu ke waktu meningkat kompetensinya.
  3. Customer Oriented atau berorientasi kepada pelanggan berarti ; mendengarkan pelanggan, mengenali, memenuhi dan melebihi kebutuhan mereka; mengantisipasi kebutuhan mereka di masa datang. Memiliki makna menyesuaikan apa yang kita lakukan dan bagaimana kita melakukannya sesuai dengan ekspektasi pelanggan.
  4. Business Oriented atau berorientasi ke bisnis berarti: mengerti dan paham benar bagaimana bisnis bekerja, bagaimana prinsip menciptakan dan mengambil kesempatan, mengelola risiko, mengambil inisiatif, cepat dan tanggap terhadap peluang bisnis, mengerti akan konsekuensi untung rugi dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Visi :
Visi Jiwasraya Menjadi perusahaan yang terpercaya dan dipilih untuk memberikan solusi bagi kebutuhan asuransi dan perencanaan keuangan.

Misi :
Misi Jiwasraya Misi perseroan dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Misi Jiwasraya bagi Pelanggan Selalu memberikan rasa aman, kepastian dan kenyamanan melalui solusi inovatif dan kompetitif bagi pelanggan atas kebutuhan asuransi dan perencanaan keuangan.
  2. Misi Jiwasraya bagi Pemegang Saham. Menciptakan nilai pemegang saham (shareholder value creation) yang atraktif melalui pengelolaan operasional dan investasi perusahaan yang berlandaskan prinsip-prinsip good corporate governance.
  3. Misi Jiwasraya bagi Karyawan. Menjadi tempat pilihan untuk tumbuh dan berkembangnya karyawan menjadi profesional yang memiliki integritas dan kompetensi di bidang asuransi dan perencanaan keuangan.
  4. Misi Jiwasraya bagi Agen.Berkomitmen mengembangkan agen yang memiliki dedikasi, kemampuan dan integritas sehingga perusahaan menjadi tempat pilihan bagi agen yang ingin berkarier serta memiliki penghasilan tinggi.
  5. Misi Jiwasraya bagi Masyarakat. Berpartisipasi mewujudkan peningkatan kesejahteraan melalui kontribusi dalam proses pembangunan masyarakat.
  6. Misi Jiwasraya bagi Aliansi. Membangun kemitraan yang saling menguntungkan serta menciptakan sinergi bisnis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.
  7. Misi Jiwasraya bagi Distribusi Meningkatkan penetrasi pasar dan kualitas pelayanan kepada pelanggan secara lebih efisien dan efektif melalui multiple distribution channel seperti bancassurance, direct marketing dan financial planning.
  8. Misi Jiwasraya bagi Pemasok. Melakukan kerjasama dengan pemasok sesuai prinsip keterbukaan, fairness, saling menguntungkan dan berkembang sebagai partner in progress.
  9. Misi Jiwasraya bagi Regulator. Mewujudkan praktek pengelolaan bisnis asuransi dan perencanaan keuangan yang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
  10. Misi Jiwasraya bagi Penagih. Menjaga kemitraan dengan penagih yang memiliki integritas dan kompetensi dalam penagihan premi.