Rabu, 16 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

*** Visi Jasa Marga : "Menjadi Perusahaan modern dalam bidang pengembangan dan pengoperasian jalan tol, menjadi pemimpin (leader) dalam industri jalan tol dengan mengoperasikan mayoritas jalan tol di Indonesia, serta memiliki daya saing yang tinggi di tingkat Nasional dan Regional." ***

Prestasi

Penghargaan MURI PJU Solar Cell Terpanjang

Kegiatan

April  2014
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Kontak Kami

pic

Jajak

How Is My Site?

View Results

Loading ... Loading ...

Jasa Marga Akan Bangun Desa Binaan

15 Januari 2013

jasamarga.com (14/1) : Jasa Marga melalui Unit PKBL pada tahun 2013 ini akan meluncurkan program baru, yaitu Desa Binaan. Program ini merupakan arahan kementrian BUMN dalam mensinergikan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dalam satu wilayah melalui program Desa Binaan.

Menurut Kepala Unit PKBL Jasa Marga, Sutirya Wiriassastra, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/1) kemarin, menjelaskan bahwa program ini merupakan paradigma baru dalam bidang Pembangunan Masyarakat (Community Development). Sebelumnya kegiatan PKBL untuk pembangunan masyarakat ini bersifat amal, sementara, dan putus (tidak berlanjut),“Paradigma sekarang bersifat pemberdayaan menyeluruh, keberlanjutan, serta pendampingan hingga berhasil,” ujar Sutirya.

Adapun tujuan dari program ini, selain untuk mendukung program BUMN Membangun Desa, juga untuk meningkatkan kondisi masyarakat  dan lingkungan desa disekitar perusahaan secara terencana.  “Desa tersebut akan terus dibina secara berkelanjutan, sehingga diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Akhirnya tercipta kondisi yang kondusif bagi kelangsungan usaha perusahaan dengan mendapat dukungan dari masyarakat.” Papar Sutirya

Dengan tema Menuju Masyarakat Sehat, Menuju Masyarakat Pintar, Menuju Lingkungan Bersih dan Hijau serta Menuju Ekonomi maju, kegiatan program desa binaan ini difokuskan pada kegiatan pembangunan sarana-prasarana, kegiatan pendidikan, pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan potensi ekonomi. Jenis Program dan kegiatan dalam program ini sebelumnya telah sering dilakukan dan dilaksanakan oleh PKBL Jasa Marga. “Namun Kali ini kegiatan tersebut kita lokalisir dalam satu desa,” tegas Sutirya.

Lebih lanjur Sutirya menegaskan bahwa kegiatan ini akan berlangsung sesuai dengan target waktu yaitu menengah dan panjang, dari mulai 0-1 tahun adalah tahun pendampingan. “Dimana kita akan mendampingi masyarakat dengan kegiatan yang bersifat pelatihan dan peramutan embrio usaha. Setelah memasuki 1 hingga 3 tahun, kita mulai memasukkan mereka menjadi mitra binaan Jasa Marga.”papar Sutirya. Setelah 3-10 tahun maka mitra binaan dan desa binaan akan sedikit-sedikit dilepas . “Khusus bagi mitra binaan, biasanya mereka mencari modal besar ke Perbankan ataupun bergabung dengan PKBL BUMN lain yang memiliki dana besar,” ujar Sutirya.

Dalam pelaksanaan kegiatannya, program ini akan sepenuhnya ditangani oleh Cabang-cabang serta Anak Perusahaan. Oleh Karena itu Sutirya berharap para Kepala Cabang maupun Direktur Anak Perusahaan memiliki perhatian dan semangat untuk menjalankan program ini. “Bagaimanapun juga efek positif yang akan timbul langsung akan dirasakan oleh cabang setempat,” ujar Sutirya.

Sutirya cukup bangga dan puas jika Jasa Marga dapat membangun desa binaan mulai dari nol. “yang sulit adalah memulai, dan jika berhasil kita bangga bahwa Jasa Marga-lah yang membidani lahirnya desa binaan yang tangguh, termasuk masyarakat yang mandiri,” tutur Sutirya.*** (hubin)



Kirim Komentar

Baca Komentar ( 0 )

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

: *


*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>