Siaran Pers Nomor: 02/PR-ITDC/III/2020

Siaran Pers Nomor: 02/PR-ITDC/III/2020

ITDC DUKUNG PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS CORONADI LINGKUNGAN KERJA DAN DESTINASI PARIWISATA

JAKARTA, 18 Maret 2020 - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasipariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB,terusmendukung upaya Pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19), baikdi lingkungan kerja maupun destinasipariwisata yang dikelolanya.

Untuk lingkungan kerja, ITDC telah melakukansejumlahsosialisasi terkait Virus Corona dan cara pencegahannyakepada karyawan dan menyusun protokol pencegahan dan penanganan kasus jika terjadi, menyediakan hand sanitizeryang dapat diakses setiap saat oleh karyawan, melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor, serta menerapkan kebijakan Work from Homedalam satu minggu sejak 16 Maret 2020, di ketiga kantor wilayah ITDC yaitu di Jakarta, The Nusa Dua, dan The Mandalika. 

Sedangkan untuk pihak eksternal, ITDC secara kontinu melakukan sosialisasi pencegahan melalui media luar (banner, spanduk)yang dipasang di area-area publik di dalam kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika, serta melaluimedia sosial Perusahaan. 

Di dalam kawasan sendiri, ITDC juga telah secara proaktif melakukan program pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan menyiapkan hand sanitizerdi sejumlah lokasifasilitas umum, serta melakukan penyemprotan disinfektan di area publik dan fasilitas umum, seperti di pintu masuk, toilet dan common area, dan kawasan Bali CollectiondiThe Nusa Dua,serta Balawista, beach facilitydi Kuta Beach Park, danMasjid Nurul Bilad di The Mandalika. ITDC juga telah menyiapkanprotokol penanganan tamu yang berkunjung ke kantor ITDC di dalam kawasan dengan mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap tamu dan cuci tangan sebelum memasuki lokasi kantor.

“Rangkaian kegiatan pencegahan ini kami lakukan untuk mendukung upaya Pemerintah dalam menghambat penyebaran virus Corona serta melindungipegawai/karyawan,pengunjung maupun masyarakat di lingkungan Kawasan Pariwisata yang dikelola ITDC,daririsiko-risiko yang mengancam kesehatan. Kami juga meminta para pengunjung di dalam kawasan dan masyarakat sekitar kawasan untuk secara tertib menerapkan social distancingyang dapat membantu menghindarkan kita dari paparan virus,”paparDirektur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan.

Sebagai pengelola kawasan pariwisata, ITDC juga telah mengeluarkan surat edaran yangmenghimbautenantdi dalam kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika untuk melakukan kegiatan preventifsepertipemeriksaan suhu tubuh para pengunjung yang datang ke hotel/restoran/tempat usaha lainnya, membagikan masker kepada para tamu atau pengunjung yang berkunjung, menyediakan hand sanitizersdi beberapa lokasi yang mudah dijangkau untuk umum,sertamengadakan sosialisasi dan penyuluhan terkait pencegahan Covid–19 di lingkungan kerja masing-masing. 

ITDC juga mendorongtenantuntukmelaksanakankegiatan kebersihansecara rutin didalam bangunan/lingkungan hotel/restoran/tempat usaha lainnya, menyiapkan Crisis Centersebagai tempat pengaduan pengunjung/tamu jika diiindikasi ada gejala diluar kondisi normal, melakukan mitigasi jika ada suspectdan membawakerumah sakit terdekat, serta melakukan monitoring berkala dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit.

“Saat ini, The Nusa Dua dan The Mandalika masih beroperasi dan berjalan normal. Kegiatan konstruksi di The Mandalikapun terusberlangsung secara normal dan berjalan sesuai timeline yang sudah ditetapkan.Dengan antisipasi yang kami lakukan bersama pemangku kepentingan lainnya, kami berharap destinasi pariwisatayang kami kelola dapat steril dari penyebaran virus Covid-19 sehingga dapat memberikan ketenangan bagi pengunjungdan petugas yang beraktivitas dalam kawasan. 

Kami berharap virus Covid-19 dapat segera diatasi sehingga industri pariwisata tanah air dapat kembali bergerak dan memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia,” tutup Ngurah Wirawan.

 

SELESAI

 

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 45 tahun, Perseroantelah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.

Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan baru saja IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola the Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 the Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investmentsebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional.

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi:
Miranti N. Rendranti atau Esther D. Ginting
Corporate Secretary/Corporate Communication
PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ITDC
Telp. 021 –80642790
Email: miranti@itdc.co.idatau esther.ginting@itdc.co.id

Kategori Siaran Pers