Bantuan Infrastrukture untuk Masyarakat Papua

PAPUA, 24 Agustus 2018 – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno meresmikan 16 proyek strategis nasional (PSN) di Kawasan Timur Indonesia senilai Rp 2,153 triliun di Jayapura, Papua pada Jumat (24/08/2018). Pengoperasian 16 proyek yang dibangun PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) ini diharapkan bisa mempercepat konektivitas laut dan pertumbuhan ekonomi. 
 
Ke-16 proyek yang diresmikan tersebut merupakan proyek-proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun PT Pelindo IV (Persero), yang terdiri dari lima pelabuhan di Papua, lima pelabuhan di Pulau Sulawesi, empat pelabuhan di Pulau Kalimantan dan dua pelabuhan di wilayah Ambon dan Ternate.
 
Lima pelabuhan di Papua yaitu Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Biak, Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Manokwari. Kemudian lima pelabuhan di Pulau Sulawesi adalah Pelabuhan Kendari, Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Pare-pare dan Pelabuhan Gorontalo. Sementara itu, dua pelabuhan di wilayah Maluku dan Ternate adalah Pelabuhan Ambon dan Pelabuhan Ternate dan empat pelabuhan di Pulau Kalimantan adalah Pelabuhan Balikapapan, Pelabuhan Tarakan, Pelabuhan Nunukan dan Pelabuhan Sangatta.
 
“Ini sebuah pencapaian yang besar dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun.Pembangunan pelabuhan-pelabuhan akan membantu masyarakat terutama dalam mendorong konektivitas laut dan daya saing  di wilayah Timur Indonesia. Terima kasih kepada Pelindo IV yang sudah bekerja keras. Ini sebuah kebanggaan kita bersama bahwa BUMN  sebagai agen pembangunan terus memberikan kontribusinya bagi kemajuan perekonomian bangsa,” ungkap Bu Rini.
 
Bantuan Bagi Masyarakat Papua
 
 
Di lokasi yang sama, BUMN-BUMN bersinergi menyalurkan bantuan bagi masyarakat di Provinsi Papua sebagai bentuk kepedulian bagi perbaikan taraf hidup masyarakat sekitar. Sejumlah BUMN yang terlibat dalam peyaluran bantuan atara lain Himpunan Bank Negara/HIMBARA (BRI, BNI, Mandiri, BTN), BUMN-BUMN Karya (PT PP, PT Wijaya Karya, PT Hutama Karya, PT Nindya Karya, PT Brantas Abhipraya, PT Istaka Karya) dan PT Telkom Indonesia.
 
Bantuan-bantuan yang diberikan berupa perbaikan infrastruktur dasar (air dan listrik), dana bantuan pendidikan, perbaikan sanitasi, pelatihan vokasi, perbaikan sarana dan pra sarana ibadah serta bantuan bagi pengembangan dan pemberdayaan ekonomi.
 
Ibu Rini memberikan apresiasinya bagi BUMN yang terlibat dan terus mendorong agar BUMN dalam karyanya tidak hanya mencetak keuntungan tetapi juga ikut meningkatkan taraf hidup dan kesejaheraan masyarakat.

Kategori Berita