INTI BANGUN NAVIGASI PESAWAT DI INDONESIA TIMUR

TANGERANG – PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) alias INTI siap menggarap produk navigasi pesawat buatan dalam negeri pertama di Indonesia. Perangkat navigasi pesawat yang bernama Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B) itu akan dipasang di enam bandara di Papua serta satu lokasi di Jayapura. Perangkat ADS-B itu dipasang di bandara yang berada dalam wilayah pengelolaan Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia alias AirNav Indonesia.

“Di dunia ini tidak banyak yang suplai ADS-B. PT INTI adalah salah satunya yang bisa memproduksi ADS-B karya anak bangsa, produk navigasi buatan dalam negeri, pertama di Indonesia,” ungkap Direktur Utama PT INTI Darman Mappangara.

Perangkat sistem ADS-B ini merupakan hasil kerja sama pengembangan antara PT INTI (Persero) dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pun mendukung penuh pengembangan perangkat sistem ADS-B ini pendanaan inovasi industri.

Rencananya, pengadaan dan pemasangan perangkat sistem ADS-B ini langsung dieksekusi setelah kedua belah pihak menandatangani kontrak. Kerja sama bisnis yang juga mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan serta Kementerian BUMN ini ditandatangani oleh Direktur Utama PT INTI Darman Mappangara dan Pelaksana Tugas Direktur Teknik AirNav Indonesia Yurlis Hasibuan. “Bisnis inipun tak hanya soal komersial, tapi juga sebuah sinergi,” kata Darman.


Kategori Berita
Sub Kategori Kinerja,PKBL,Publikasi