INTI DAN KONSORSIUM SMARTCARD INDONESIA

Senin, 24 Oktober 2016 telah berlangsung kegiatan IC-ITSI 2016 atau International Conference on Information Technology Systems and Innovation di Aula Timur Kampus ITB, Jl Ganesha No. 10 Bandung. Konferensi tersebut merupakan ajang pertemuan para perwakilan akademisi, industri, bisnis, pemerintah, dan masyarakat cyber untuk menyajikan kemajuan terbaru di bidang sistem teknologi informasi dan inovasi. Selain itu adapula kegiatan lainnya seperti pameran, seminar, serta Workshop Standar Smartcard Indonesia. Sebagai salah satu peserta konsorsium smartcard Indonesia, INTI pun hadir dalam acara yang bergengsi ini dengan memperlihatkan produk-produk andalan INTI. Tak hanya itu, INTI pun memaparkan inovasi terkait smartcard yang dipresentasikan oleh Erick Krisnihadi, Ahli Tingkat 2 Divisi SMS dalam podium yang sama dengan para pembicara dari mancanegara. Sebut saja, Deakin University - Australia, Sangmyung University - Korea Selatan dan ITB serta pembicara dari developer konsorsium smartcard yang terlibat lainnya.

 

Adapun hal tersebut dilaksanakan dikarenakan tuntutan sistem teknologi informasi, seperti internet yang telah merubah peradaban menuju era cyber. Sistem teknologi informasi telah merubah pola hidup kita. Sistem teknologi informasi digunakan di hampir banyak sektor seperti : bisnis, pemerintahan, pendidikan, hiburan, sosial dan politik. Penelitian teknologi informasi dan inovasi melibatkan para ahli dari berbagai disiplin ilmu. Sementara itu di hari kedua, 25 Oktober 2016, masih dalam rangkaian acara yang sama, bertempat di Aula Barat dilaksanakan juga acara seminar yang bertemakan “Pameran, Seminar dan Workshop Rekomendasi Standard Smartcard Indonesia”. Kali ini pembicara yang mewakili INTI adalah Kepala Divisi Pengembangan Produk INTI Yanardian Agriyanto bersama lima pembicara yang lainnya dari akdemisi dan industri atau developer smartcard. Tujuan utama dari konferensi internasional ini adalah untuk mempertemukan perwakilan dari akademisi, industri, bisnis, pemerintah dan masyarakat cyber untuk menghasilkan produk terbaru di bidang sistem teknologi informasi dan inovasi.

 

Di Aula Barat ITB, selain seminar, ditampilkan juga pameran smartcard yang diikuti oleh 9 peserta yaitu : INTI, Versatile,Xirca, IBS, DAM, UI, Unhas, Tel-U dan ITB. Dalam kesempatan ini INTI menampilkan porduk smartcardnya yakni elektronik-KTP reader dan e-Voting. Mudah-mudahan dengan digelarnya acara tahunan ini, diharapkan dapat memacu generasi muda akademisi juga para industrialis Indonesia mampu merespon sistem teknologi dan inovasi dunia yang selalu berkembang cepat.


Kategori Berita