PEMBERDAYAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT, INALUM KERJASAMA DENGAN USU

Menindaklanjuti pembangunan perpustakaan desa atau yang lebih dikenal Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang telah dilaksanakan di dua Desa, yakni Desa Lalang, Kec. Medang Deras dan Desa Lubuk Cuik Kec. Limapuluh. PT Inalum (Persero) kembali melanjutkan program tersebut dengan kegiatan pemberdayaan TBM, kegiatan pemberdayaan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Desa Lalang.

Inalum menggandeng Universitas Sumatera Utara dalam pelaksanaan pemberdayaan TBM tersebut, menghadirkan Dr. Irawaty A.Kahar, M.Pd, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, USU sebagai pembicara dan Himma Dewiyana, S.T.,M.Hum,  sebagai Pembina dan Pelatih dalam pemberdayaan TBM ini.

Sebelumnya bangunan TBM telah diserahterimakan oleh PT Inalum (Persero) pada tanggal 13 Januari 2015, dan bangunan tersebut telah digunakan para kader TBM di masing-masing desa selama lebih kurang sebulan. Kemudian pada tanggal 17 – 18 Februari kegiatan pemberdayaan TBM dilaksanakan, kegiatan tersebut meliputi serah terima buku 100 eksemplar untuk masing-masing desa Lalang dan Lubuk Cuik dari PT Inalum (Persero), dilanjutkan pelatihan pengelolaan dan manajemen perpustakaan selama 2 hari.

Arfan Iqbal Harahap (Manager Pemberdayaan Masyarakat Inalum) dalam sambutannya pada acara pemberdayaan TBM  mengatakan “Program ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat Inalum di bidang fasilitas umum sekaligus bidang pendidikan. Dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca untuk masyarakat desa terutama para pelajar."


Kategori Artikel