INALUM SELENGGARAKAN PELATIHAN USAHA MASYARAKAT

Senin, 19 Januari 2015, PT. Inalum (Persero) menyelenggarakan pelatihan pengemasan produk kuliner makan ringan dan pelatihan keterampilan bengkel perahu kepada masyarakat disekitar perusahaan. Acara pembuakaan pelatihan tersebut dihadiri oleh Arfan Iqbal Harahap selaku perwakilan manajemen              PT. Inalum (Persero), Sek. Cam Sei Suka, para Kepala desa disekitar perusahaan, instruktur lembaga pelatihan masyarakat, serta pelaku usaha kecil yang menjadi peserta dalam program ini. Program pelatihan masyarakat ini merupakan bagian dari beberapa program yang disusun oleh perusahaan dalam bidang pemberdayaan usaha kecil. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalahuntuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pelatihan dan pendampingan secara berkala selama kurang lebih 4 bulan kedepan setelah selesainnya pelatihan.         PT. Inalum (Persero) berinisiatif untuk melaksanakan pelatihan terhadap usaha kecil dalam bidang pengemasan produk dan keterampilan bengkel perahu. Dipilihnya kedua jenis pelatihan ini dikarenakan perusahaan melihat bahwasanya usaha makanan ringan yang dijalankan oleh UKM  disekitar perusahaan masih sangat sederhana dalam hal pengemasannya. Disamping itu perusahaan juga melihat bahwasanya masih banyak usaha bengkel perahu yang masih memerlukan pelatihan agar service yang diberikan kepada pelanggan dapat berjalan lebih modern.

Dalam pelatihan tersebut PT. Inalum (Persero) telah mendanai keseluruhan rangkaian acara, dimana acara pelatihan tersebuat dijadwalkan selama 2 minggu, yakni 1 minggu untuk Pelatihan Pengemasan, dan 1 minggu untuk pelatihan Bengkel Perahu. Pelatihan ini terdiri dari 3 Hari In House Training mengenai Motivasi dan pengantar kewirausahaan, Perencanaan dan Manajemen Bisnis, Wawasan dasar tentang kemasan dan pengemasan, praktik desain pengemasan dengan mesin standard, wawasan dasar tentang montir, praktik pekerjaan montir dan pengelasan, dan 2 hari study banding ke tempat usaha yang telah profesional, 1 hari evaluasi kegiatan sekaligus penyerahan sertifikat, dan pemantauan secara berkala selama kurang lebih 4 bulan, serta akan diadakan bantuan peralatan untuk UKM, jika peserta dinilai kompeten dalam menjalankan usahanya.

Peserta program  pelatihan PT. Inalum (Persero) ini terdiri dari 10 peserta pengemasan produk yang terdiri dari berbagai macam jenis makanan ringan seperti keripik, kue kering, dan jagung goreng, sedangkan peserta pelatihan bengkel perahu ada 5 orang. Total 15 Pelaku UKM ini berasal dari desa Kuala Tanjung, Kuala Indah, Gambus Laut, Lalang, Medang, dan Tanah itam Ulu.


Kategori Artikel