INALUM SELENGGARAKAN PELATIHAN GURU BERBASIS DESA

Peningkatan mutu pendidikan  saat ini sangatlah penting. Hal ini seiring dengan kemajuan jaman yang semakin berkembang pesat. Sehingga kita harus mengikutinya agar tidak tertinggal jauh dengan daerah lain, khususnya di Sumatera Utara. Sebagai perusahaan yang besar dan  peduli terhadap masyarakat, PT.Inalum (Persero) melalui Program Community Development kembali mengadakan kegiatan yang sejalan dengan Program Pemerintah dan sangat mendukung dalam peningkatan mutu pendidikan nasional yaitu program pelatihan Guru Berbasis Desa.Pelatihan Guru berbasis desa kerjasama antara PT. Inalum (Pesero) dan Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMED mulai dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2015. Peserta pelatihan ini berjumlah 5 (lima) orang Guru yang merupakan rekomendasi dari Desa Kuala Tanjung, Desa Kuala Indah, Desa Gambus Laut, dan Desa Lalang. Dimana 2 orang Guru mengajar di SD N 018451 Kuala Tanjung, 1 orang Guru mengajar di SD N 018451 Lalang, 1 orang Guru mengajar di SD N 014719 Gambus Laut, dan 1 Orang Guru mengajar di MIS Al – Azzura 02 Desa Kuala Indah, peserta pelatihan adalah Guru-Guru Desa yang non PNS yang merupakan rekomendasi dari Desa dan Sekolah masing-masing.

 

Acara pembukaan pelatihan Guru senin 23 Februari 2015 lalu dihadiri Arfan Iqbal Harahap (Manajer Pemberdayaan Masyarakat), Riyadi (Kabid Dikdas Batu Bara), Drs. Nasrun (Dekan FIP UNIMED), Prof. Dr. Yusnadi M.Pd (Wakil Dekan FIP UNIMED), Drs. Aman Simare-Mare M.Pd (Wakil Dekan FIP 2 UNIMED), dan Azizul Kholis SE, M.Si (Dosen Fakultas Ekonomi UNIMED). Acara pembukaan yang disusul pre tes tersebut berlangsung di Tanjung Gading, sedangkan pelatihan teoritis 4 Maret 2015 berlangsung di UNIMED, kemudian studi banding dilaksanakan 5 Maret 2015 kunjungan ke Kelompok Guru Mengajar generasi Mangrove di Desa Percut. Peserta pelatihan akan menerima pelatihan mengenai motivasi dan kepemimpinan, pengelolaan lembaga pendidikan Informal, peningkatan kompetensi mengajar, pengajaran berbasis IT.

 

Dalam pembukaan acara tersebut Arfan Iqbal Harahap mengatakan “ Pelatihan Guru Berbasis Desa ini merupakan program pemberdayaan masyarakat Inalum dalam bidang Pendidikan, pelatihan Guru Berbasis Desa ini kami harapkan dapat meningkatkan mutu mengajar para Guru di Desa-desa, program yang berkesinambungan ini  diharapkan bisa mempengaruhi masyarakat Desa untuk lebih peduli dengan kelangsungan pendidikan anak-anaknya, setelah pelatihan ini selesai akan ada monitoring dan kami juga berencana untuk melakukan pengembangan lembaga pendidikan nonformal dimana para kader inilah yang akan mengelola lembaga pendidikan tersebut”.


Kategori Artikel