INALUM DANAI PEMBUATAN BUKU KEUNIKAN KABUPATEN BATU BARA

PT. Inalum (Persero) mendanai pembuatan buku mengenai keunikan Kabupaten Batu Bara tentang kebudayaan daerah, kuliner dan daya tarik wisata yang berada di Kabupaten Batu Bara. Buku yang dikerjakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Batu Bara ini merupakan hasil dari kompetisi menulis yang diikuti oleh peserta yang merupakan  wartawan di Kabupaten Batu Bara baik anggota PWI ataupun Non anggota PWI.  Kompetisi yang dilaksanakan oleh PWI ini berlangsung sejak bulan Juni 2014 lalu, melalui proses yang panjang dan matang akhirnya dapat terseleksi tulisan-tulisan terbaik wartawan-wartawan terbaik di daerah Batu Bara. Gagasan pembuatan program karya buku daerah ini muncul dari PWI dan PT. Inalum (Persero), dimana tujuan pembuatan buku ini adalah untuk mempublikasikan keunikan dan daya tarik daerah yang berpotensi besar menarik wisatawan lokal ataupun non lokal untuk berkunjung ke Kabupaten Batu Bara. Disamping itu peluncuran 700 Eksemplar Buku berjudul Budaya, Wisata, dan Kuliner Batu Bara Tak Lekang Sepanjang Zaman ini juga merupakan bentuk kepedulian PT. Inalum dan PWI selaku pihak-pihak yang mengharapkan  kelestarian budaya, kuliner, dan wisata yang berada di Kabupaten Batu Bara.

Secara resmi acara peluncuran buku ini dilakukan pada tanggal 7 Januari 2015 lalu, acara ini dihadiri oleh Perwakilan Bupati Batu Bara, Ketua DPRD Batu Bara, Direktur Umum dan SDM PT. Inalum dan Jajarannya, Kadis Perhubungan, Kadis Budaya,Pariwisata,Pemuda, dan Olahraga, Kadis Pendidikan, Pimpinan Arsip Perspustakaan Daerah, Tokoh masyarakat, peserta kompetisi, ketua PWI, dan tamu undangan dari instansi terkait  lainnya. Acara peluncuran ini bersamaan dengan ramah tamah dan makan malam bersama, pada kesempatan tersebut Carry E.F Mumbunan selaku Dirut SDM dan Umum PT. Inalum (Persero) menyampaikan “Buku ini merupakan karya putra daerah, dimana isinya sangat bermanfaat untuk masyarakat umum, selain mengeksplorasi keindahan, keunikan, dan daya tarik yang dimiliki oleh Kabupaten Batu Bara didalamnya juga terdapat kritik dan saran yang dapat membangun Kabupaten Batu Bara menuju ke arah yang lebih baik  kedepannya”.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Batu Bara  “ Kabupaten Batu Bara baru berdiri 8 tahun, oleh karena itu peran serta dan kreatifitas serta kritik dn saran dari masyarakatpun sangat diperlukan untuk membangun kabupaten Batu Bara kita tercinta ini”.

Di dalam kata pengantar buku tersebut Direktur Utama PT. Inalum (Persero)  juga turut menyampaikan sambutan  “Sebuah karya jurnalistik inikiranya bisa menjadi jembatan yang menghubungkan ruang dan waktu antar generasi dalam pelestarian khasanah kekayaan budaya dan kearifan lokal di Kabupaten Batu Bara, suatu kebahagiaan bahwa PT. Inalum (Persero) dapat berpartisipasi dalam mewujudkan hal tersebut sesuai kemampuan perusahaan”.

Pada acara peluncuran buku tersebut juga diumumkan pelaporan panitia pelaksana bahwa acara tersebut didanai oleh PT. Inalum sebesar Rp 30.000.000, dimana dana tersebut digunakan untuk membuat acara mulai dari sosialisasi, seleksi,penerbitan dan  pencetakan buku,  hingga hadiah untuk para pemenang. Juara 1 mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000,- , Juara 2 Rp 2.000.000, Juara 3 Rp 1.000.000,- dan Juara Favorit Rp 500.000,-. Selain itu pada acara tersebut juga dibagikan hadiah berupa buku hasil terbitan kepada seluruh hadirin di acara tersebut. 


Kategori Artikel