Kebutuhan Industri

Kebutuhan Industri

Kaca
Umumnya di sektor industri Kaca, Gas Bumi digunakan sebagai bahan bakar pada Tungku (Dapur Peleburan) atau Furnace yaitu peralatan yang melakukan proses pembakaran material untuk menghasilkan produk kaca yang berkualitas tinggi.

Karet
Pemanfaatan energi Gas Bumi pada sektor ini adalah sebagai bahan bakar yang digunakan pada proses pengolahan produk karet seperti pada peralatan boiler, burner dan dryer atau oven.

Keramik
Industri keramik merupakan pengguna Gas Bumi dalam pemanfaatannya sebagai bahan bakar untuk pembakaran campuran bahan baku pada proses produksi untuk menghasilkan produk – produk keramik yang berkualitas.

Kertas
Industri pulp dan kertas (pulp and paper) mengubah bahan baku serat menjadi pulp, kertas, papan dan produk berbasis selulosa lainnya. Industri ini membutuhkan energi Gas Bumi dalam jumlah besar untuk dapat beroperasi baik sebagai bahan bakar pada proses pembuatan maupun pengeringan pulp dan kertas.

Kimia
Industri Kimia merupakan salah satu pengguna Gas Bumi terbesar.  Industri yang mencakup petrokimia, agrokimia, farmasi, polimer, cat, dan oleokimia ini memanfaatkan energi Gas Bumi sebagai bahan bakar pada proses produksinya.

Logam Dasar
Energi Gas Bumi dibutuhkan sebagai bahan bakar pada proses produksi pengolahan biji logam menjadi logam dasar melalui proses pemurnian dan reduksi/ peleburan maupun industri yang mengolah logam dasar menjadi billet, slab, bloom, rod atau ingot paduan untuk industri pengecoran.

Makanan
Gas Bumi hadir sebagai bahan bakar pada peralatan seperti boiler, thermal oil dan fryer. Dengan hasil pembakaran yang bersih, Gas Bumi ramah lingkungan turut mendukung sanitasi dan keamanan produk makanan dan minuman yang dihasilkan.

Pabrikasi Logam
Proses pengolahan logam pada sektor industri yang mengolah lebih lanjut produk industri antara menjadi produk setengah jadi dan selanjutnya melalui proses pabrikasi dan pengerjaan akhir menjadi produk jadi membutuhkan energi Gas Bumi sebagai bahan bakar pada proses produksi.

Tesktil
Kebutuhan akan energi di sepanjang tahapan vertikal industri tekstil dari hulu menengah hingga hilir dapat dipenuhi melalui pemanfaatan gas bumi baik sebagai bahan bakar maupun pembangkit listrik.

Pembangkit Listrik
Selain pemenuhan untuk proses produksi, Gas Bumi juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan komersial dan industri sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Dimana energi listrik yang dihasilkan juga berperan penting untuk kebutuhan dalam proses produksi.