Thursday, 24 April 2014

Portal Kementerian BUMN | Direktori BUMN

Vision : "To be a world-class energy company in gas utilization."

Achievements

Berbagai Apresiasi Internasional untuk GCG dan Transparansi PT PGN

Activity

April  2014
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  

Contact Us

pic

Polls

How Is My Site?

  • Good (28%, 12 Votes)
  • Excellent (19%, 8 Votes)
  • Can Be Improved (7%, 3 Votes)
  • No Comments (5%, 2 Votes)
  • Bad (41%, 0 Votes)

Total Voters: 43

Loading ... Loading ...

PGN Bangun Pipa Gas Cikande – Bitung

13 December 2011


Jakarta – PGN akan segera membangun proyek Cikande – Bitung Distribution Pipeline. Ini dilakukan setelah pemenang paket tersebut ditetapkan yaitu PT Promatcon Tepatguna.
“Kita ingin kontraktor segera mengerjakan proyek jalur pipa gas 24 inchi ini. Proyek ini sendiri sangat strategis,” kata DirekturTeknologi dan Pengembangan Jobi Triananda Hasjim dalam sambutannya saat penandatangan kontrak pada 13 Desember 2011 di Kantor Pusat PGN.

Jobi mengharapkan proyek jalur pipa Cikande – Bitung Distribution Pipeline dapat berjalan tepat waktu mengingat proyek ini sangat penting untuk mendukung operasi SBU Distribusi Wilayah I PGN yang saat ini memiliki wilayah operasi dan jumlah pelanggan terbesar.
Diharapkan dengan penyelesaian proyek ini, gas bumi dari Sumatera dapat dialirkan ke wilayah penjualan SBU 1 ( Area Cikande, Bitung dan Serpong) guna memenuhi kebutuhan gas bumi untuk pelanggan industri, komersial dan rumah tangga serta menambah kehandalan distribusi gas bumi di wilayah tersebut.

Setelah beberapa tahun ini PGN lebih fokus ke operasional atas jalur pipa gas SSWJ, berbagai proyek yang hendak dibangun oleh PGN ini akan menjadi awal kebangkitan proyek-proyek baru. Oleh sebab itu, kontraktor dan tim PGN terkait harus segera melakukan koordinasi untuk mempersiapkan pembangunan proyek jaringan pipa distribusi gas Cikande – Bitung ini.

Koordinator Pelaksana PPJPGB, Irawati, mengatakan, proses pemilihan kontraktor pembangunan pipa gas Cikande – Bitung sudah dilakukan sejak Februari 2011 dan pendaftaran peserta dilakukan pada bulan April 2011. “Melalui berbagai tahapan evaluasi dan berdasarkan aturan perusahaan, maka terpilihlah pemenang yaitu PT Promatcon Tepatguna” katanya.

Direktur Utama PT Promatcon Tepatguna, Adi Priyadi, menyatakan apresiasinya atas kepercayaan PGN terhadap perusahaannya untuk membangun jalur pipa distribusi gas Cikande – Bitung. Promatcon sendiri berdiri sejak tahun 1990 dan memang fokus pada engineering dan proyek pipanisasi oil and gas.

“Sebelumnya kita juga pernah terlibat dua proyek di PGN dengan menggandeng mitra, sekarang kita ikut tender atas nama perusahaan sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, untuk dapat mensukseskan pembangunan proyek ini memerlukan koordinasi baik secara teknis maupun non-teknis. Pasalnya, berdasarkan pengalaman dalam pembangunan proyek, faktor non-teknis selalu menjadi sebuah tantangan tersendiri.
“Masalah sosial seperti dengan masyarakat sekitar proyek hanya dapat diatasi bila kita berkerjasama. Mudah-mudahan proyek ini adalah awal kesuksesan dan dapat selesai tepat waktu,” tambahnya lagi. (Arf)