Cara Lain Nikmati Gas Bumi Tanpa Perlu Tunggu Pembangunan Pipa

JANGAN berkecil hati dulu bila hunian belum terhubung pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN). Sekarang ada cara efisien dan efektif menikmati gas dari PGN tanpa perlu menunggu pembangunan pipa.

Apa itu? Cukup lirik produk anak usaha PGN, PT Gagas Energi Indonesia, yang disebut Gaslink. Melalui Gaslink, gas bumi diproses menjadi Compressed Natural Gas (CNG) lalu didistribusikan melalui kendaraan bermotor dan diantar langsung pelanggan.

"Pelaku usaha seperti industri menengah, restoran, hotel dan lainnya kini bisa menikmati gas bumi dari PGN yang efisien dan bersih tanpa harus menunggu pembangunan pipa gas," terang Director of Commerce PGN Danny Praditya.

Sedangkan, Direktur Utama Gagas Energi Indonesia Ahmad Cahyadi menimpali bila Gaslink sudah aktif ditawarkan ke masyarakat sejak tahun 2016. Dia menilai Gaslink merupakan solusi jitu mendistribusikan gas bumi ke kawasan yang belum terdapat jaringan pipa PGN.

"Saat ini sudah cukup banyak industri, hotel hingga restoran menggunakan CNG Gaslink. Karena pelanggan dapat menghemat lebih dari 20 persen dibandingkan pemakaian LPG," terang dia.

Pendistribusian Gaslink, gas bumi yang bisa dinikmati tanpa jalur pipa gas. (CNN INDONESIA)

Cahyadi pun menyebut beberapa pelanggan yang sudah menikmati Gaslink seperti Hotel Dharmawangsa, Hotel Somerset, Rumah Makan Ayam Goreng Suharti, Top Yammie, Apotek Kimia Farma, dan lain-lain.

Tak ketinggalan, Cahyadi menambahkan Gagas juga punya produk lain yang tak kalah menarik dan tentu saja ramah lingkungan. Produk yang dimaksud adalah Gasku.

Lewat Gasku ini, PGN menyediakan pasokan bahan bakar gas (BBG) baik di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) maupun dengan Mobile Refueling Unit (MRU) hingga converter kit untuk kendaraan bermotor.

Cahyadi menjelaskan produk Gasku turut ditawarkan kepada badan usaha milik negara atau swasta. Bahkan PGN juga membuka pintu lebar-lebar kepada siapa saja yang hendak menikmati Gasku.

”Yang ingin kendaraan operasional menggunakan BBG dapat bekerja sama dengan PGN dari penyediaan kendaraan, penyediaan dan instalasi converter-kit, penyediaan BBG hingga infrastruktur yang dibutuhkan. Termasuk juga afer sales service,” pungkasnya. (*)


Kategori Artikel
Sub Kategori Berita