Penandatanganan MoU Antara PT EMI dan PT PPA Untuk Air Bersih dan Listrik

Penandatanganan MoU antara PT EMI (Persero) dengan PT PPA (Persero)

Untuk Kegiatan Investasi di Air Bersih dan Pengelolaan Pembangkit Listrik

 

PT Energy Management Indonesia (Persero) terus melanjutkan komitmennya untuk membantu Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian ESDM, di bidang Konservasi dan Efisiensi Energi serta Konservasi Air dengan melakukan Nota Kesepahaman (MoU) bersama PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) untuk Kegiatan Investasi di Air Bersih dan Pengelolaan Pembangkit Listrik.

Pada tanggal 1 Maret 2017, bertempat di Kantor PT PPA (Persero) Gedung Sampoerna Strategic Square, delegasi PT EMI (Persero) yang diketuai oleh Plt. Direktur Utama Bapak Agung Djatmiko, menandatangani MoU dengan PT PPA (Persero) yang diwakili oleh Direktur Konsultasi Bisnis dan Aset Manajemen Bapak Henry Sihotang. Dalam acara ini hadir pula Direktur PT EMI (Persero), Bapak Ganesha T. Chandrasa, Kepala Divisi Akuntansi dan Keuangan Bapak Andi Lala, dan Kepala Divisi Personalia dan Umum Ibu Elvi Noor, serta perwakilan dari PT PPA (Persero) antara lain General Manager Bapak Dikdik Permadi, Group Head Bapak Sugeng Riyanto, Unit Head Ibu Swasti Sawitri, dan Deputy General Counsel Ibu Eva Simatupang.

Adapun lingkup yang dicakup dalam MoU ini adalah menyusun suatu strategi antara para Pihak dalam menyusun program, khususnya namun tidak terbatas kepada kerjasama di bidang Pengelolaan Air dan Pengelolaan Pembangkit Listrik, sebagai berikut:

  • Kegiatan investasi
  • Kegiatan pengelolaan aset BUMN, aset manajemen dan development
  • Jasa Konsultasi, berupa jasa konsultasi penjualan dan/atau pengembangan bisnis
  • Kegiatan konsultasi lainnya

 

PT EMI (Persero) merupakan satu-satunya BUMN yang memfokuskan bisnisnya di bidang Konservasi dan Konversi Energi (KEE). Sejak berdiri tahun 1987, PT EMI (Persero) telah banyak membantu mitra kerjanya, baik Pemerintah, BUMN, BUMD, serta perusahaan swasta untuk menyusun, melaksanakan, serta melakukan monitoring Program KKE yang dilaksanakan oleh mitra kerjanya tersebut.

PT PPA (Persero) merupakan BUMN yang pada awalnya diberikan tugas oleh pemerintah untuk mengelola aset-aset eks BPPN. Namun sejak tahun 2008 yang lalu, Pemerintah menambah lingkup tugas PT PPA dengan restrukturisasi/revitalisasi BUMN, pengelolaan aset BUMN, serta kegiatan investasi. Dengan adanya tambahan lingkup bisnis tersebut, maka PT PPA dapat melakukan kegiatan investasi di proyek-proyek strategis, terutama proyek-proyek yang dilaksanakan oleh BUMN lainnya, seperti PT EMI.

Selain itu, dengan ditandatanganinya MoU ini, maka kedua perusahaan pelat merah tersebut juga menunjukkan komitmennya terhadap Program Sinergi BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Dengan tagline “BUMN Hadir untuk Negeri”, Kementerian BUMN mengharapkan para BUMN dapat melakukan sinergi atau kerjasama dengan BUMN lainnya untuk menciptakan kondisi dan mendorong BUMN agar dapat memberikan sumbangan dan kontribusi terbaik bagi negeri dan rakyat Indonesia, salah satunya adalah dengan turut hadir dalam pembangunan Indonesia melalui keterlibatan dalam proyek-proyek strategis nasional.

Divisi Corporate Secretary

PT Energy Management Indonesia (Persero)

Gedung Graha Pura Lantai 3

Jl. Pancoran Indah I No. 52, Pancoran Jakarta Selatan

Tel: 021-79183308, 79193429


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel